Senin, 23 Februari 2015

Facebook Membuat Project Drone

Facebook dikabarkan akan menyediakan akses internet nirkabel di daerah-daerah terpencil. Caranya dengan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak yang memanfaatkan tenaga sinar matahari. Pimpinan di proyek itu memberikan fakta yang cukup mengagetkan. Seperti di kutip The Verge, ukuran drone tersebut akan sama dengan pesawat jumbo jet Boeing 747. Drone itu pun kabarnya bisa terbang selama satu tahun nonstop.

Facebook Membuat Project Drone

"Untuk bisa menerbangkan pesawat tanpa awak ini selama setahun nonstop, pesawat itu harus terbang di atas cuaca, juga di atas jalur penerbangan lain," ujar Yael Maguire, Engineering Director di Facebook Connectivity Lab. Maguire juga membandingkan drone tersebut dengan mobil Toyota Prius. Ia mengatakan bahwa dimensi drone itu akan setara dengan 6 atau 7 buah Toyota Prius, namun beratnya tak lebih tinggi dari empat buah ban mobil.

Masih menurut Maguire, mereka akan mulai menguji drone itu pada tahun 2015 di Amerika Serikat. Selanjutnya drone itu akan beroperasi di sejumlah negara yang terletak di Amerika Selatan, Afrika, serta Asia. Sebelumnya Google juga pernah mempunyai proyek serupa yang bernama Project Loon. Bedanya, Google menggunakan balon udara sebagai alat transportasinya. Namun hingga kini belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai Project Loon.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon