Kamis, 05 Maret 2015

Cara Megaktifkan Hibernate Windows 10

Hibernate/ Hibernasi adalah salah fitur yang terdapat pada Sistem Operasi yang mempunyai fungsi melakukan penyimpanan kerja memori virtual pada komputer. Cara mudah memahaminya menyimpan segala aktivitas yang Anda jalankan pada Windows, ketika melakukan Hibernate maka setelah Anda menyalakan komputer keadaan kembali seperti semula (seperti aktivitas terakhir yang Anda jalankan). Aplikasi yang Anda jalankan tetap terbuka, tidak harus mengulang dari awal seperti menggunakan fitur Shutdown.

Hibernate memiliki cara kerja seperti Stand by mode, bedanya Hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena keadaan Laptop atau PC mati/Shut Down. Sedangkan Stand by PC dalam keadaan istirahat atau tidur namun masih membutuhkan daya untuk melakukan kerjanya.

Hibernation in computing is powering down a computer while retaining its state.  Upon hibernation, the computer saves the contents of its random access memory (RAM) to a hard disk or other non-volatile storage. Upon resumption, the computer is exactly as it was upon entering hibernation.
When used to save power, hibernation is similar to sleep mode and saves more power at the cost of slower resumption. Wikipedia.

Fungsi Hibernate
Fungsi hibernate tentu sudah jelas yaitu menyimpan semua kerja memori atau meyimpan semua kegiatan yang dilakukan di komputer.  Ketika komputer dimatikan, dan akan dikembalikan seperti semula ketika sebelum dihibernate.

Manfaat Hibernate
  1. Memudahkan kerja, jika kita sedang banyak melakukan aktivitas di komputer dan tidak sempat menyimpan satu-persatu maka kita bisa lakukan hibernate.
  2. Menghemat Daya, Kita bisa menghemat daya komputer karena aktivitas bisa dihentikan tanpa harus menyimpan satu-persatu dan bisa dimatikan tanpa harus mengeluarkan program2 yang sedang kita buka.
  3. Menghemat waktu. Kita bisa melakukan hal yang lainnya tanpa harus menyimpan dahulu semua kegiatan pada komputer.
Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 10
  • Control Panel > Power Optiops > Pilih "Chose what chosing the lid does".
Cara Megaktifkan Hibernate Windows 10
  • Pilih "Change settings that are curently unavaliable">
Cara Megaktifkan Hibernate Windows 10 2
  • Shutdown Seetings > beri centang pada "Hibernate".
Cara Megaktifkan Hibernate Windows 10 3

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon