Teknologi dan Komputer

Mempercepat Loading Blog Dengan Resize Gambar

Teknologi Virtual

Cepat dan lambatnya loading blog salah satunya dipengaruhi gambar yang diupload. Gambar (original) mempunyai ukuran yang besar biasanya di atas 1 Mb untuk format .PNG, sedangan .JPEG di bawah 1 Mb. Semakin banyak file gambar yang Anda upload, semakin lemot loading blog. Kecepatan blog ternyata mempengaruhi SEO, blog yang loadingnya cepat membantu artikel dan file gambar masuk serp Google.

Solusinya harus mengkompresi file gambar sebelum diUpload dengan ukuran yang lebih kecil. Sebenarnya banyak sekali layanan online untuk mengkompres file gambar tapi hasilnya kurang memuaskan gambar menjadi blur dan tidak jelas karena tidak bisa menentukan sendiri resolusinya.

Berikut cara mempercepat loading blog dengan resize gambar menggunakan Adobe Photoshop:

1. Sebaiknya Anda mengetahui dulu lebar halaman postingan blog, misalnya 550px (berguna untuk menyesuaikan ukuran lebar gambar).
2. Buka gambar yang ingin Anda upload menggunakan Adobe Photoshop. Kemudian pilih tab "Image" > "Image Size". Lihat resolusi gambarnya berapa px(pixels).

Mempercepat Loading Blog Dengan Resize Gambar

3. Sesuaikan lebar gambar dengan lebar halaman postingan. Contohnya: misalnya lebar postingan 550px, gambar harus diresize ukuran 450px atau 500px agar tidak kelihatan penuh.
Mempercepat Loading Blog Dengan Resize Gambar 2

4. Simpan gambar dengan format .PNG.
5. Langkah terakhir menguploadnya di halaman blog dan pastikan memilih pilihan "Original Size".
Mempercepat Loading Blog Dengan Resize Gambar 3


0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu