Teknologi dan Komputer

Cara Mudah BackUp dan Restore Windows 7

Teknologi Virtual

Saat terjadi error pada Windows 7 cara terbaik mengatasinya dengan melakukan install ulang. Namun install ulang Windows 7 cukup menguras waktu Anda. Pada umumnya aplikasi pendukung seperti Miceosoft Office, Corel, Adobe membutuhkan waktu yang cukup lama dalam hal installasi, belum lagi ditambah driver Hardware.

Untuk mengantisipasi terjadinya error yang tak kenal kompromi sebaiknya Anda membackUp dulu Windows 7, kemudian hasil backUp digunakan untuk merestore bila Windows 7 terjadi error. Keuntungan merestore Windows 7 daripada install ulang, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi satu persatu. Proses restore akan mengembalikan data sesuai keadaan komputer saat sebelum terjadi error.

MembackUp Windows 7 tidak perlu aplikasi tambahan, cukup menggunakan fitur yang terdapat pada Windows 7. Supaya lebih jelas simak tutorial backUp dan Restore Windows 7 di bawah ini.

Cara BackUp Windows 7

1. Klik Start > Computer, pilih drive C dan klik kanan. Pilih Properties > Tools, klik Backup now.
2.  Pilih Create a system image, nantinya Windows akan mencari lokasi dimana backup image ini akan ditempatkan. Pilihlah folder penyimanan hasil BackUp (harus di drive yang berbeda dengan C:), atau burning menggunakan DVD. Jika menggunakan kepingan DVD pastikan kapasitasnya sesuai dengan isi DVD.

Cara Mudah BackUp dan Restore Windows 7

3. Setelah memilih lokasi penyimpanan, klik Next. Aplikasi akan mengkonfirmasi sistem yang akan di-backup sebelum berlanjut ke langkah berikutnya (beri tanda centang jika ingin melakukan backup, dan hilangkan centang jika tidak). Klik Next, dan proses akan berjalan. Lamanya waktu backup tergantung dari kapasitas sistem Windows yang ada.

Membuat CD/ DVD Recovery Windows 7
Hasil backup ini nantinya berupa file yang hanya bisa dijalankan saat hendak melakukan recovery sistem operasi. Untuk menjalankan proses recovery, Anda harus membuat CD/ DVD recovery yang akan membantu proses restore. Langkah selanjutnya kembali ke proses Backup and Restore. Pilih Create a system repair disc, masukkan keping CD/ DVD kosong ke optical drive. Klik Next, dan proses burn dimulai. Setelah selesai, Windows akan menampilkan jendela konfirmasi agar CD / DVD recovery tersebut siap digunakan saat proses pemulihan.

Cara Melakukan Recovery Windows 7

1. Masukkan CD/ DVD recovery, restart komputer. Sebelumnya posisikan boot agar dimulai dari CD/DVDROM yang bisa diatur dari BIOS. Nantinya akan terbuka jendela System Recovery Options, pilih Restore your computer using a system image that you created, klik Next.
Cara Mudah BackUp dan Restore Windows 7 2

2.Cari lolasi file backup tadi dibuat dengan menekan Select a system image dan klik Next. Nantinya secara otomatis sistem yang ada akan ditimpa dengan sistem operasi dari file backup yang telah dilakukan sebelumnya. Tunggu hingga proses selesai dan sistem akan kembali seperti semula.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu