Teknologi dan Komputer

Kabel Yang Digunakan Untuk Installasi Listrik di Rumah

Teknologi Virtual

Pemilihan jenis kabel berkualitas sangatlah penting untuk installasi listrik rumah Anda. Bila Anda menggunakan kabel kualitas buruk maka daya listrik terbuang sia-sia dan pengahantar juga terhambat. Kabel listrik untuk installasi rumah harus mempunyai bungkus campuran karet dan plastik serta berisi tembaga kuningan.

Cara installasi kabel listrik ada dua, yang pertama biasanya menggunakan paralon kabel dan paralon tersebut diisi kabel. Cara kedua langsung menanamnya di dalam tembok, untuk cara ini Anda harus memilih kabel yang memenuli standar PLN.

Kabel Yang Digunakan Untuk Installasi Listrik di Rumah

Berikut ini jenis-jenis kabel yang cocok ditanam di tembok untuk installasi Listrik:

1. Kabel NYA
Kabel NYA

Kabel Listrik NYA digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 re dan 2,5 re. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru, hitam dan hijau kuning. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus. Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

2. Kabel NYM
Kabel NYM

Kabel listrik NYM sering di gunakan dalam instalasi rumah tangga, atau gedung dan juga sistem tenaga. Kabel NYM terdiri dari konduktor berinti lebih dari 1. Memiliki isolasi layer luar ( Outersheath ) dan Innersheath warna Putih dan Abu-Abu. Di karenakan memiliki isolasi double jacket kabel listrik NYM ini lebih mahal dari kabel listrik NYA, serta tingkat keamanannya lebih baik pula dari kabel listrik NYA.

3. Kabel NYY
Kabel NYY

Kabel listrik NYY merupakan kabel listrik yang isolasi layer dalam (innersheath) dan  layer luar (Outersheath) warna hitam. Kabel jenis ini bisa berinti 1x, 2x, 3x, 4x dan bahkan bisa 5x. Aplikasi jenis kabel ini bisa di tanam dan lebih kuat dari pada kabel NYM, dan harganya juga lebih mahal dari kabel NYM.

Kesimpulan
Kabel yang cocok ditanam di tembokm tanpa menggunakan paralon adalah kabel NYM. Kabel NYM ada berisi dua dan 3, pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Harga Kabel NYM Merek Eterna
1 Rol dengan panjang 50 m, dengan harga Rp. 250.000
1 Rol dengan panjang 100m, dengan harga Rp. 300.000

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu