Senin, 06 Juli 2015

Mengenal Lebih Dalam Jaringan 4G dan 4G LTE

Akhir-akhir ini para penyedia layanan internet (ISP) lagi gencar-gencarnya mempromosikan jaringan terbarunya 4G dan 4G LTE. Seperti operator XL yang memasang banner bertuliskan "Kini Anda dapat mengakses jaringan 4G LTE di sini". Seperti yang kita ketahui bahwa jaringan 4G dan 4G LTE merupakan jaringan dengan akses internet tercepat dari sebelumnya yaitu 3G.

4G dan 4G LTE

Supaya Anda paham apa yang dimaksud jaringan 4G dan 4G LTE, berikut ini penjelasannya:

1. Jaringan 4G
Apa itu 4G? 4G merupakan singkatan dari istilah fourth-generation technology. Istilah tersebut digunakan mengacu terhadap standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari beberapa teknologi sebelumnya, yaitu 3G dan 2G. Sistem 4G mampu untuk menyediakan jaringan pita lebar ultra yang dapat digunakan untuk berbagai perlengkapan elektronik, seperti smartphone dan PC.

Sistem 4G menyediakan berbagai solusi IP yang komprehensif dimana data, suara, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja serta dimana saja. Terdapat berbagai pendapat mengenai 4G, yakni: 4G merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Hal ini akan dicapai setelah teknologi kabel serta nirkabel sudah dapat dikonversikan dan mampu untuk menghasilkan kecepatan yang luar biasa seperti 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan keamanan tinggi.

Setiap handset 4G akan langsung dapat mempunyai nomor IP v6 yang sudah dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi internet telephony dengan berbasis Session Initiation Protocol (SIP).

2. Jaringan 4G LTE
Apa itu 4G LTE? 3GPP Long Term Evolution merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya ini tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

Teknologi LTE mampu download dengan kecepatan sampai dengan 300mbps dan upload 75mbps. LTE merupakan teknologi yang didaulat dapat menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan menjadi sebuah standarisasi telepon selular secara global yang pertama.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon