Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil

Koneksi nirkabel memiliki beberapa keunggulan dibanding kabel. Namun demikian, salah satu kelemahannya dibanding koneksi kabel adalah kestabilan sinyal yang ditentukan oleh kondisi ruangan, konfigurasi, serta perangkat pendukung.

Jika Anda tidak mendapatkan sinyal dari jaringan nirkabel padahal posisi Anda sudah cukup memadai, bisa jadi ada yang salah dengan hal tersebut. Bisa jadi hal ini disebabkan karena jaringan WiFi yang Anda gunakan kurang luas jangkauannya. Untuk itu, ada cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan jangkauan tersebut dengan beberapa cara yang kami tunjukkan berikut ini.

Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil

Cara Meningkatkan Jangkauan Wi-fi Yang Lebih Luas dan Stabil:

1. Tentukan Posisi Terbaik
Hal penting yang mesti diperhatikan dalam menempatkan jaringan nirkabel adalah posisi perangkat wireless router yang Anda miliki. Posisikan wireless router di tengah-tengah ruang guna memaksimalkan daya pancar sinyalnya ke segala penjuru.

2. Update Firmware Perangkat Pendukung
Periksa secara rutin situs pembuat perangkat router nirkabel atau WiFI adapter yang Anda gunakan apakah mereka menyediakan update firmware terbaru. Pembaruan firmware tidak hanya dapat meningkatkan kemampuannya saja, tetapi juga keamanan yang lebih baik. Beberapa perangkat telah menyertakan tool khusus yang memudahkan pengguna untuk melakukan update driver ataupun firmware secara langsung.

3. Tentukan Channel Terbaik

Mungkin di sekitar lingkungan rumah atau kantor banyak terdapat sinyal WiFi lain yang tertangkap. Hal ini bisa mengakibatkan intervensi dan mengganggu sinyal WiFi Anda jika mereka menggunakan channel yang sama. Perlu di ketahui bahwa Wi-Fi bisa di operasikan pada beberapa channel yang berbeda untuk menghindari gangguan yang di sebabkan kesamaan channel. Oleh karena itu cobalah untuk mengganti channel pada router melalui halaman konfigurasi. Nantinya Anda tidak perlu mengubah konfigurasi komputer karena secara otomatis akan mendeteksi channel baru yang telah diubah.

4. Jauhkan Interferensi Dari Perangkat Lain
Usahakan untuk menghindari penempatan di dekat material seperti logam, dinding, lantai ataupun perangkat elektronik lainnya karena dapat mengganggu sinyal sehingga mengurangi jangkauan WiFi-nya. Selain itu, bukan hanya sesama router saja yang bisa menyebabkan interferensi melainkan juga beberapa peralatan elektronik seperti perangkat telepon nirkabel, microwave, sampai kulkas.
Tambahkan Range Extender atau repeater

Jika cara pertama dan kelima tidak bisa terhindarkan, ada baiknya Anda menambahkan perangkat tambahan seperti Range Extender atau repeater. Solusi ini juga cukup membantu jika ruangan dikelilingi tembok yang dapat menghalangi sinyal WiFi. Tempatkan perangkat tersebut pada pertengahan antara jalur akses poin dan komputer, dan Anda akan mendapatkan peningkatan sinyal WiFi.

5. Reboot Router Scara Berkala
Salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah melakukan reboot pada router secara berkala agar sistem berjalan dengan beban yang lebih ringan. Sebelum itu, jangan lupa untuk beri tahu kepada setiap pengguna WiFi lainnya agar mereka mempersiapkan diri untuk menyelamatkan data yang sedang terhubung ke internet.

6. Ganti Perangkat Router Nirkabel

Jika perangkat router Anda masih menggunakan teknologi lama dan cara-cara diatas tidak berhasil meluaskan jangkauan sinyal WiFi, maka ada baiknya mempertimbangkan mengganti perangkat wireless router dengan wireless router yang baru. Teknologi wireless router sekarang telah masuk ke standar AC dimana telah menggunakan frekuensi 5GHz yang memiliki teknologi beamforming yang memiliki jangkauan yang luas dan cepat.

7. Pakai 2 Frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz
2 Frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz

Kalau router nirkabel Anda sudah menggunakan teknologi AC, maka sebaiknya mengaktifkan kedua frekuensinya untuk performa yang lebih baik. Banyaknya perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4GHz mengakibatkan jangkauan Wi-Fi yang pendek sedangkan frekuensi 5GHz lebih bersih sehingga jangkauan Wi-Fi bisa lebih jauh.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon