Sabtu, 15 Agustus 2015

Heatsink TS15A, Heatsink Khusus Untuk Intel Skylake

Pada awal bulan Agustus tahun 2015, secara resmi Intel telah memperkenalkan prosesor terbarunya yaitu Intel Skylake. Prosesor ini termasuk generasi ke-6 dari Intel. Prosesor Intel Skylake tersedia dua jenis yaitu Intel Skylake dan Intel Skylake Unlock. Sama seperti prosesor Intel lainnya, pasti tersedia untuk yang unlocknya.

Yang membedakan diantara keduanya terletak pada heatsink. Untuk prosesor unlock, dalam paket pembelian tidak ada heatsinknya. Jadi pengguna harus membelinya sendiri di toko komputer. Heatsink adalah pendingin komputer yang terbuat dari tembaga dan kipas. Heatsink mempunyai peranan penting sebagai penurun suhu prosesor.

Intel Skylake Unlock

Akan tetapi, tidak seperti biasanya Intel akhirnya memutuskan memproduksi varian heatsink untuk Skylake. Sebuah situs IT asal Jepang memperlihatkan foto-foto heatsink buatan Intel dan heatsink tersebut terlihat sangat berbeda dari yang umumnya kita lihat. Heatsink terbaru ini berukuran lebih besar yang memang diperuntukkan untuk Overclocking.
Heatsink Intel Skylake Unlock

Diameter terlihat mirip dengan standar heatsink Intel pada umumnya, namun heatsink ini memiliki tinggi lebih dari 2 kali lipat heatsink standard LGA 1150. Bagian dasarnya terlihat menggunakan bahan tembaga yang dapat menyerap panas lebih cepat. Sementara di bagian kipas pendingin juga mengalami perubahan yang kali ini Intel mempersenjatainya dengan jenis PWM fan yang tentunya jauh lebih baik. Tipe kipas pendingin ini juga biasa diadopsi fan heatsink premium yang popular di pasaran.
Tinggi Heatsink TS15A 2x Lipat Heatsink Intel Biasanya

Mengenai namanya, Intel menamakan pendingin ini dengan kode TS15A dan belum ada keterangan resmi dari pihak Intel mengenai hal ini. Tetapi jika kita melihat jenisnya heatsink ini merupakan salah satu varian terbaru dari Intel Thermal solution yang biasanya diperuntukan untuk grade server. Harganya pun tidak terpaut jauh, heatsink ini dijual di Jepang sekitar US$ 41.
Wujud Bawah Heatsink TS15A

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon