Rabu, 12 Agustus 2015

Inilah Prosesor Skylake, Prosesor Intel Generasi Ke-6

Beberapa waktu yang lalu dunia komputer dihebohkan dengan isu munculnya spekulasi tentang hadirnya prosesor generasi terbaru. Namun tepat pada tanggal 5 Agustus 2015 kini terjawab dengan diperkenalkannya prosesor Skylake-S. Teknologi nano digunakan untuk menyempurnakan prosesor Skylake dengan arsitektur 14 nm.

Sandi S adalah prosesor Intel yang diproduksi untuk soket LGA atau Land Grid Array yang biasa ditemui di desktop sedangkan kode U, H, dan Y adalah untuk soket BGA yang biasanya digunakan untuk notebook. Sedangkan soket yang digunakan oleh prosesor Intel Skylake-S ini akan menggunakan soket 1151 serta menggunakan motherboad dengan chipset Z170.

Inilah Prosesor Skylake, Prosesor Intel Generasi Ke-6

Perubahan utama adalah penggunaan DDR4 dual channel yang lebih mudah untuk di overclock dibandingkan pada chipset X99. Feature lain yang menyertai adalah hadirnya Thunderbold 3.0 serta IGP Iris Pro dengan dukungan DirectX 12. Hal yang menakjubkan adalah Intel Skylake sudah support hingga 20 lane PCI Express 3.0. Dengan bandwith maha lebar tersebut, memungkinkan Intel untuk menambah bandwith di M.2 slot dan SATA Express.

Keuntungan menggunakan DDR4 di Skylake seperti yang pernah CHIP uji adalah kemampuannya untuk berjalan jauh di atas spesifikasi XMP dari memory. Hanya dengan menggunakan preset memory dari BIOS, memory mampu digenjot dari XMP 2133 menjadi 3200 tanpa mengubah setting apapun.
Dekstop Platfotm Consumer Roadmap Intel Skylake

Bagi pecinta Overclocking Skylake-S pun akan menjadi sangat menarik dikarenakan Base Clock (BCLK) mampu digenjot hingga hampir 100 persen. Dari pengujian, CHIP menggunakan sebuah prosesor Intel Skylake Core I5 6600K mampu membuat BCLK nya berjalan 190 tanpa penambahan voltase. Bagi pecinta Intel hal ini sungguh seperti sebuah romantisme seperti jaman Intel Core 2 Duo di mana BCLK sanggup digenjot hingga maksimal.

Bagi yang menunggu datangnya prosesor Intel Skylake harus bersabar dulu, sesuai roadmap Intel prosesor terbaru ini akan mulai dijual di pasaran pada kuartal keitga tahun 2015.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon