Teknologi dan Komputer

Memahami Pengertian TDP (Thermal Design Power) Pada Prosesor

Teknologi Virtual

Pernahkah Anda menemukan istilah TDP (Thermal Design Power) pada artikel yang mengulas tentang prosesor dan pendingin prosesor (Cooler Prosesor)?? pastinya Anda yang belum tahu, bertanya-tanya apa sih sebenarnya TDP itu?? untuk menjawabnya simak ulasan mengenai TDP berikut ini.

Pada pengetahuan dasar komputer, pengetahuan tentang TDP ini sangat perlu sekali karena sangat menentukan kinerja komputer yang kita gunakan. Yaitu dalam bagian operasional dari komputer, karena TDP ini juga berpengaruh pada kinerja sebuah komputer. Dan menjadi faktor yang membuat komputer kita bisa bertahan lama ataupun tidak.

Pengertian TDP
TDP adalah singkatan dari Thermal Design Power yang menurut Wikipedia diterjemahkan sebagai jumlah daya maksimum untuk pendingin di dalam sebuah komputer untuk berdisipasi (mentransfer/menyalurkan panas). TDP juga bisa berarti daya maksimum yang dipakai ketika menjalankan aplikasi sesungguhnya untuk memastikan computer bisa menjalankan aplikasi esensial tanpa melampaui batas panasnya.

Semakin tinggi rating TDP, processor akan menghasilkan panas lebih daripada yang memiliki rating TDP lebih rendah. TDP biasanya juga terspesifikasi dalam keluarga prosesor, model low-end biasanya menggunakan daya lebih rendah dibandingkan yang high-end mengingat daya komputasi yang dihasilkan juga berbeda. Rating TDP ini digunakan oleh teknisi mekanis untuk mendesain heat sink, mekanik, dan sistem pendingin di dalam desain notebook atau desktop.

Berikut Ini Nilai TDP Untuk Masing-Masing Prosesor Intel Core:

1. TDP Intel Core i3 Haswell (dekstop) 

TDP Intel Core i3 Haswell (dekstop)

2. TDP Intel Core i5 Haswell (dekstop)
TDP Intel Core i5 Haswell (dekstop)

3. TDP Intel Core i7 Haswell (desktop)
TDP Intel Core i7 Haswell (desktop)

TDP Untuk Proseosor Selain Yang Disebutkan di Atas
Anda bisa menggunakan program bernama CPU-Z untuk melihat TDP prosesor selain yang disebutkan di atas.
Melihat TDP dengan CPU-Z

Kegunaan Mengetahui TDP Prosesor
TDP erat kaitannya dengan pendingin prosesor atau HSF. Biasanya setiap HSF mencantumkan nilai TDP untuk masing-masing tipe. Nha dengan mengetahui nilai TDP setiap prosesor, Anda dapat menyesesuikan pendingin yang cocok untuk prosesor Anda.

Prosesor hemat daya seperi Intel Atom, Intel Celeron, dan AMD APU E Series hanya memerlukan daya/ TDP 20 Watt. Jadi dengan pendingin bawaan prosesor sudah cukup.

Sedangkan untuk Core i3 yang TDPnya 35-54 Watt, menggunakan pendingin bawaan sudah cukup mumpuni, namun bila kurang puas bisa mennganti HSF dari pihak ketiga dengan harga yang sedang.

Khusus untuk Core i5 dan Core i3 mengganti HSF bawaan dengan HSF pihak ketiga sangat disarankan supaya prosesoe Ada tetap dingin saat bekerja maksimal.

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish