Teknologi dan Komputer

Mengenal Berbagai Ukuran Motherboard Komputer Dekstop

Teknologi Virtual

Motherboard atau Mainboard adalah papan sirkuit untuk meletakan beberapa komponen komputer seperti RAM, Graphic Card, Sound Card, dan Prosesor. Orang indonesia menyebut Motherboad dengan Mobo, mungkin maksudnya biar mudah diucapkan hehe. Motherboad sudah terpasang chip BIOS, chip Itel, dan chip AMD.

Ada berbagai jenis ukuran Motherboard dipasaran, termasuk mobo komputer dekstop dan laptop. Komputer Dekstop atau yang disebut PC (Personal Komputer) adalah komputer yang terdiri dari CPU dan Monitor. Komputer ini terpasang terpisah antara keyboard, mouse, cpu, dan monitor. Komputer jenis ini tidak portable, banyak dijumpai di kantor-kantor, lap komputer, dan warnet.

Bicara mengenai ukuran Motherboard Komputer Dekstop sejatinya terdiri dari

1. Motherboard ATX

Motherboard ATX

Salah satu tipe motherboard yang paling popular sejak tahun 1995. Motherboard ATX memiliki ukuran sekitar 30.5cm x 24.4cm. Motherboard tipe ini bisa cukup masuk ke tipe case model mid-tower hingga full tower namun tidak akan cukup untuk masuk ke case mini tower. Dengan keunggulan ukuran, maka semakin besar juga kapasitas dari perangkat yang bisa dipasangkan pada motherboard tipe ini. Terkadang pada 1 motherboard bisa terdapat 2 hingga 3 slot VGA card, hingga 8 slot RAM.

2. Motherboard Mini ITX
Motherboard Mini ITX

Motherboard yang kepopulerannya mulai naik daun. Awalnya motherboard ini dibuat untuk processor C3 dari VIA dengan listrik kecil. Kemudian mulai dikembangkan untuk processor AMD dan Intel. Motherboard ni berukuran sekitar 17cm x 17cm. Motherboard model ini cocok untuk komputer kecil. Walaupun ukurannya kecil, terkadang performa yang ditawarkan tidak kalah dengan Motherboard ukuran ATX.

3. Motherboard Micro ITX
Motherboard Micro ITX

Model terakhir yang kita bahas adalah Micro-ATX yang ukurannya sangat tanggung. Menggunakan ukuran 24.4cm x 24.4cm, motherboard ini bisa dipasang di model case slim dan juga mid-tower. Terkadang, pada motherboard ini tidak terdapat chipset VGA dan soundcard. Dengan keterbatasan ini, tak heran jika motherboard tipe ini tidak begitu populer.

4. Motherboard Extended-ATX
Motherboard Extended-ATX

Model ini sangat langka, merupakan perpanjangan ukuran dari model ATX. Ukurannya sekitar 30.5cm x 3.30cm. Karena ukurannya yang berbeda, motherboard ini membutuhkan case khusus yang tidak sama dengan model motherboard yang lain. Motherboard model ini memiliki keistimewaan terdapat slot processor lebih dari 1. Extended-ATX merupakan motherboard yang khusus dibuat untuk komputer server dan workstation.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu