Teknologi dan Komputer

Cara Memperbaiki Bad Sector Harddisk Tanpa Software

Teknologi Virtual

Inilah kelemahan harddisk yang menggunakan piringan sebagai alat penyimpan data yaitu sering terjadi bad sector. Penyebab terjadinya bad sector sangat beragam namun penyebab utamanya arus listrik yang tidak stabil. Bisa juga disebabpkan karena tegangan listrik yang naik turu atau power suply murahan yang tidak bisa menghemat efisiensi daya.

Penyebab bad sector pada harddisk laptop dimulai dari rusaknya baterai yang tidak mau menyimpan daya (ngedrop). Bila baterai tidak normal biasanya keyboard terbakar dan beberapa tombol tidak befungsi, kemudian harddisk mulai error. Lalu bisakah bad sector harddisk diperbaiki? jawabnya bisa.

Windows sendiri telah melengkapi fitur untuk memperbaiki bad sector harddisk tanpa bantuan software pihak ketika. Cukup dengan menggunakan tools error cheking dan cmd sudah bisa memperbaiki bad sector harddisk. Berikut ini cara memperbaiki harddisk bad sector tanpa tambahan software.

Cara memperbaiki bad sector harddisk degan Tools Error cheking:

1. Klik kanan pada drive yang akan diperbaiki bad sectornya misalnya drive C, kemudian pilih Propertis. Pilih tab Tool > Error Chekinng > Chek now...

Cara memperbaiki bad sector harddisk degan Tools Error cheking

2. Tunggu proses cheking sampai selesai. Bila terjadi bad sector maka ada keterangan error dan otomatis diperbaiki dengan cara ini.
3. Mudah bukan hehe.

Cara memperbaiki bad sector harddisk dengan CMD:
CMD atau yang disebut command prompt adalah perintah dasar M-DOS dalam sistem Windows. Semua versi Windows dilengkapi cmd. Letak cmd bisa dicari dengan mengetikkan "cmd" tanpa tanda petik pada kotak pencarian Windows.

1. Buka cmd kemudiak klik kanan Run As Administrator
2. Ketik perintah "chkdsk /r /f e:" tanpa tanda petik kemudian enter

Cara memperbaiki bad sector harddisk dengan CMD
Keterangan: chksdk, merupakan perintah untuk melakukan pengecekan hardsik. /r, berfungsi untuk memindahkan bad sector. /f, berfungsi untuk memperbaiki kesalahan (error). e, berfungsi untuk menunjukan partisi hardisk yang mana akan di perbaiki.

3. Tunggu prosesnya sampai selesai, semakin besar kapasitas harddisk dan isinya semakin lama waktu yang diperlukan untu perbaikan bad sector harddisk.

Cara memperbaiki bad sector harddisk dengan CMD 2

4. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu