Teknologi dan Komputer

Inilah Perubahan Logo Google Dari Masa Kemasa

Teknologi Virtual

Google adalah perusahaan mesin pencari No. 1 di dunia. Google dulunya hanya dibuat oleh 2 orang mahasiswa drop out Stanford University. Dari tahun ke tahun Google mengalami perkembangan yang pesat. Dibalik suksesnya Google juga diikuti perubahan logo pada mesin pencarinya.

Tecatat sejak tahun 1997 dalam masa pre launch sampai September 2015 sudah ada 7 logo Google. Logo terbaru Google yang release awal Sepetember tahun 2015 ini dibarengi dengan penyesuaian nama domain .com, menjadi co.id. Nama domain ini berlaku untuk blogspot.com, dan berlaku untuk semua negara.

Sejarah Google dan Logo Google:
Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. "Googol" merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya "mentok" menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Berikut ini adalah evolusi logo Google dari tahun ke tahun:


Google Logo 1997 - 1998 (pre launch)
Google Logo 1997 - 1998 (pre launch)

Ini merupakan logo Google dalam tahap perkenalan, terlihat huruf yang diigunakan 3 dimensi. Warnya jauh berbeda dengan yang sekarang, dimana terdiri dari merah, merah gela[, biru, hijau, dan kuning. 

Google Logo September - Oktober 1998
Google Logo September - Oktober 1998

Logo Google setelah diperkenalkan ke publik. Wujudnya sudah enak dilihat dengan warna hijau, merah, kuning, biru.

Google Logo September 1998 - May 1999
Google Logo September 1998 - May 1999

Larry Page dan Sergey Brin menggunakan logo ini sebagai proyek kelulusan mereka di Universitas Stanford. Logo pertama ini dari segi desain sangat simpel dengan diberi tanda ! (seru) dibelakang nama google. Hal ini terinspirasi oleh Yahoo!. Google pada tahun ini masih tahap perkembangan awal sehingga akan terlihat kurang begitu mewah. 

Google Logo May 1999 - May 2010
Google Logo May 1999 - May 2010

Pada perkembangan logo google pada tahap keempat ini logo tampak lebih mutakhir dengan rupa huruf Catull yang tetap ceria. Selain itu perubahannya huruf google nampak ramping, dan juga menghilangkan teks beta dan juga menghilangkan tanda seru yang biasanya ada pada huruf dibelakang google.

Google Logo May 2010 - September 2013
Google Logo May 2010 - September 2013

Pada perkembangan logo kelima google ini logo tampak semakin terang dan penggunaan bayangan jatuh dikurangi. Lebih semakin baik dari segi desain logonya.

Google Logo Spetembet 2013- September 2015
Google Logo Spetembet 2013- September 2015

Pada perkembangan logo keenam google ini logo tampak datar dengan sedikit penyesuaian tipografi. Semakin terlihat mempesona untuk dilihat. Sekalipun dari kombinasi warna masih sama dengan perkembangan logo google sebelumnya.

Google Logo September 2015
Google Logo September 2015

Tampilan logo Google yang baru ini lebih dinamis dan fleksibel. Artinya Google yang dulu hanya bisa diakses dengan browser komputer dektop sekarang bisa menggunakan hape. Google bisa dibuka dengan berbagai ukuran layar, termasuk layar yang kecil sekalipun.

Arti Warna Logo Google:
Seperti yang kita ketahui bahwa logo Google terdiri dari 4 warna yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Setiap warna memiliki arti tersendiri, berikut ini 4 arti unsur warna pada logo Google:
  1. Biru: Memiliki arti berfokus pada koneksi jaringan internet. Artinya Google selalu hanya berfokus pada jaringan internet ia akan selalu ada dan dibutuhkan di dunia internet
  2. Merah: Memiliki peran yang berfokus pada uang. Dalam sejarah pendirian Google. Google didirikan sebagai suatu perusahan internet yang akan menghasilkan uang dari dunia maya
  3. Kuning: Kuning berarti google ingin berperan penting dalam dunia sosial internet dan ia terbuka untuk siapa saja
  4. Hijau: Warna ini berarti bahwa Google memiliki penampilan yang berbeda denganperusahan internet yang lain. Google ingin tampil yang beda.


0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu