Sabtu, 21 November 2015

Review HSF Noctua NH-U9S

Panas adalah salah satu musuh utama pagi para pengguna PC. Jika PC kepanasan (overheat) ada kemungkinan komponen yang di dalamnya akan rusak, bahkan meleleh. Panas dari PC ditimbulkan listrik yang mengalir di berbagai komponennya, dan salah satu penyumbang panas terbesar di PC adalah prosesor. Itulah sebabnya prosesor selalu dipasangi kipas pendingin.

Bagi sebagian orang, kipas pendingin bawaan prosesor tidaklah cukup. Hal tersebut karena perbedaan suhu ruangan serta form-factor PC yang digunakan. Jadi, jangan salahkan PC Anda jika ia terlihat sering lelet akibat suhu ruangan yang panas dan serta aliran udara di dalam casing yang tidak maksimal.

Noctua NH-U9S

Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah mengganti pendingin bawaan prosesor (stock cooler) dengan pendingin khusus dari merek lain. Noctua adalah salah satu merek yang dikenal luas di komunitas PC. Perusahaan asal Austria yang berfokus pada solusi pendingin PC tersebut telah memiliki cukup banyak produk, salah satunya adalah Noctua NH-U9S yang kami uji kali ini.
Noctua NH-U9S 2

Mirip dengan Noctua NH-D9L yang telah kami ulas sebelumnya, Noctua NH-U9S juga dapat digunakan baik di platform Intel, maupun AMD. Pemasangannya pun tergolong tidak terlalu rumit. Pertama, Anda harus memasang bagian bracket-nya yang dipasangkan di bagian belakang motherboard. Bracket tersebut kemudian dihubungkan dengan penyokong utama yang telah disediakan. Noctua juga telah menyediakan berbagai peralatan pendukung, mulai dari baut, thermal paste, hingga obengnya.
Noctua NH-U9S 3

Perbedaan Noctua NH-U9S dengan Noctua NH-D9L terletak di heatsink-nya. Noctua NH-U9S menggunakan sebuah heatsink yang berdiri di tengah. Heatsink tersebut dilengkapi dengan 10 heatpipe yang terhubung ke bagian yang berhubungan dengan prosesor.

Penggunaan 10 heatpipe membuat Noctua NH-U9S mampu mendistribusikan panas dan mendinginkan prosesor dengan sangat baik. Noctua NH-U9S tidak menggunakan teknologi DHT (heat Thermal Direct) sehinga prosesor tidak menempel langsung dengan heatpipe-nya.

Noctua NH-U9S juga telah mendukung penggunaan dua kipas yang dapat dipasangkan di dua sisi heatsink-nya. Penggunaan dua kipas tentunya akan membuat pendinginan lebih maksimal dan suhu PC dapat diturunkan.
Noctua NH-U9S 4

Dari hasil pengujian yang kami lakukan pada prosesor AMD A10 7850K, kami memantau suhu prosesor tersebut dapat dijaga dengan stabil di 40 derajat pada penggunaan normal. Ketika kami membebani prosesor dengan berbagai macam aplikasi benchmark seperti 3DMark, PCMark, dan Cinebench, suhunya tidak pernah melebihi 60 derajat.

Melihat stabilnya suhu tersebut, kami pun berkesimpulan bahwa Noctua NH-U9S sangat cocok untuk digunakan sebagai pendingin para overclocker yang ingin meng-overclock prosesornya. Tentunya, overclocking yang dapat dilakukan hanya sebatas overclocking standar, bukan kelas ekstrem.

Satu hal yang paling kami suka dari Noctua NH-U9S adalah tingkat kebisingannya. Saking senyapnya, bahkan suaranya masih tidak terdengar ketika kami menempelkan telinga kami dengan jarak beberapa sentimeter dari kipasnya. Di luar sana, memang banyak pendingin yang mampu mendinginkan prosesor Anda dengan baik, namun sangat jarang kami temukan sebuah pendingin yang mampu bekerja dengan senyap seperti ini.

Meskipun hadir sebagai pendingin prosesor kelas menengah, Noctua NH-U9S mampu tampil layaknya pendingin kelas atas. Kualitas materialnya yang tinggi serta desainnya yang sangat baik membuat pendingin ini mampu bersaing dengan merek pendingin lainnya di pasaran. Selain itu, Noctua NH-U9S juga hadir dengan paket penjualan yang sangat lengkap, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan perlengkapan lain ketika ingin memasangkan pendingin ini di PC Anda.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon