Teknologi dan Komputer

Balon Google, Bentuk Kepedulian Memberikan Layanan Internet Yang Merata di Seluruh Indonesia

Teknologi Virtual

Indonesia itu sangatlah luas, Indonesia bukan hanya Jakarta dan Jawa yang dapat menikmati internet secara merata dan cepat. Untuk Indonesia bagian timur seperi Flores, Kupang, dan Papua yang dapat mengakses internet hanya mereka yang dekat dengan ibu kota kabupaten dan yang di piggiran pantai. Melihat derita tersebut, ternyata Google peduli dengan kondisi Indonesia dengan menerbangkan Balon Google.

Ternyata Indonesia negara keenam yang disambangi Project Loon. Sebelumnya, Google telah menguji coba 30 balon Loon di angkasa Selandia Baru. Kemudian perusahaan teknologi ini merangkul operator telekomunikasi Australia, Telstra untuk menguji coba 20 balon internet di bagian barat Queensland pada Desember 2014. Setelah itu, Google juga melakukan uji coba di area Central Valley di California, Amerika Serikat, kawasan timur laut Brasil, serta Sri Lanka untuk memperluas cakupan internet.

Balon Goole, Bentuk Kepedulian Memberikan Layanan Internet Yang Merata di Seluruh Indonesia

Project Loon atau Balon Google adalah menara seluler yang mengangkasa di langit. Loon terbang di ketinggian dua kali lipat dari ketinggian normalnya pesawat komersil berjalan. Lebih tepatnya, Loon akan terbang sekitar 20 kilometer di atas permukaan Bumi di lapisan stratosfer. Mengapa stratosfer? Dari publikasi resmi di blog Google, angin di stratosfer sifatnya berlapis-lapis, di mana tiap lapisannya memiliki variasi kecepatan dan arah. Nah, dengan bergerak bersama angin, balon Loon dirancang agar bisa membentuk satu jaringan komunikasi yang besar.


Tiap balon akan memancarkan koneksi internet 4G LTE ke permukaan dengan jangkauan 40 kilometer dari tempat balon tersebut berada. Balon itu akan mengantar teknologi Long Term Evolution (LTE) dari perusahaan telekomunikasi yang telah bermitra dengan Google Project Loon, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Google dan para operator akan berbagi spektrum seluler agar masyarakat bisa mengakses internet melalui perangkat ponsel pintar dan perangkat yang sudah mendukung teknologi LTE. Balon Loon menggilirkan trafik nirkabel dari perangkat mobile kembali ke internet global menggunakan link berkecepatan tinggi.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu