Teknologi dan Komputer

Cara Memanggil Java Script di Hosting Selain YourJavaScript.com

Teknologi Virtual

YourJavaScript.com adalah sius yang menyediakan hosting gratis untuk menyimpan file JavaScript (.js). Anda bisa menggunakan layanan ini dengan mudah hanya menggunakan email dan langsung bisa upload file .js. Namun terkadang YourJavaScript.com mengalami error sehingga Anda tidak mendapatkan link .js yang di simpan di hosting ini. Masalah lain yang sering muncul bisa sering menggunakan YourJavaScript.com dengan IP (Internet Protocol) yang sama, maka IP Anda akan diblokir sehingga tidak bisa menyimpan file .js di YourJavaScript.com.

Cara Memanggil Java Script di Hosting Selain Your Java Script

Untuk menghindari permasalahan tersebut, sudah saatnya Anda mencari hosting alternatif. Beberapa hosting yang Tekno Virtual rekomendasikan coba gunakan Google Drive dan DropBox. Keduanya mempunyai ruang penyimpanan yang cukup besar untuk versi gratisannya. Yang perlu Anda perhatikan file JavaScript yang di simpan/ upload di hosting selain YourJavaScript.com perlu dipanggil dengan perintah js.

Berikut ini cara memanggil Java Script di Hosting selain YourJavaScript.com. Anda bisa menggunakan file JS dengan ekstensi .js atau .txt. Pilih salah satu dari kedua ekstensi tersebut.

Cara mengubah format ekstensi file dari  .js ke .txt
Ingat, tidak semua javascript dipanggil dengan akhiran .js, ini sebuah keuntungan dimana kita dapat menyimpan dan memanggil file javascript dalam format text yang tersimpan dalam format .txt

Tidak semua layanan free web hosting memberikan keleluasaan bagi kita untuk menyimpan file berformat .js pada hosting mereka, jadi kita dapat mengakalinya dengan cara mengubah extensinya saja, dari .js ke .txt

Cara memanggil javascript berformat .txt pada host lain
 <script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.js" />
Pemanggilan bisa diganti dengan
<script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.txt" />
Simpan Javascript pada element halaman HTML/ Blogger Gadget

Tidak semua kode javascript harus di simpan di host lain atau hanya dalam halaman Edit HTML, kita sebenarnya bisa saja memasang kode js ini langsung pada element halaman blogger "HTML/Javascript". Namun sangat disayangkan cara ini tidak selalu 100% berhasil, karena tidak semua file javascript bisa support dengan penyimpanan pada widget ini. Mungkin hanya berhasil jika code javascript tersebut hanya berdiri sendiri, dalam artian file js tersebut tidak saling berhubungan dengan memanggil kode yang satu dan kode lainnya.

Simpan code javascript langsung pada halaman EDIT HTML
Platform blogger sebenarnya membebaskan kita untuk meletakan langsung kode javascipt pada halaman Edit HTML. Cara ini selalu berhasil Tekno Virtual terapkan, namun kadang tidak terlalu efektif juga bila code javascript yang kita gunakan terlalu panjang code scriptnya. Cara yang terakhir ini menurut Tekno Virtual merupakan salah satu terbaik yang harus dicoba.

Sebelum mencoba cara di bawah, pastikan kita sudah mempunyai code js yang akan disimpan. Jika Anda masih bingung, kode js bisa ditemukan langsung dengan mengambil melalui alamat URL. lihat contoh pemanggilan kode dibawah yang tercetak tebal. disitulah biasanya kode js disimpan.
<script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.js" />
Coba dengan masukan langsung urlnya di browser, kalo sudah ketemu tinggal copy saja kodenya.

Agar kode js yang sebelumnya di host dialamat lain bisa langsung digunakan diblogger, kita bisa langsung menggunakan kode dibawah ini.
<script type='text/javascript'>//<![CDATA[Isi_Script_Disini//]]></script>

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu