Teknologi dan Komputer

Cara Mengatasi Blank Setelah Install Driver VGA

Teknologi Virtual

Graphic Card atau VGA telah dilengkapi driver untuk menjalankannya. Paket driver ada yang dikemas dalam bentuk kepingan DVD dan ada juga yang harus download sendiri. Seperti halnya bila Anda membeli VGA Card untuk komputer dekstop, biasanya disertakan driver VGAnya. Anda juga laptop yang menggunakan VGA AMD dan atau nVidia, dalam paket pembelian disertakan driver dan ada yang tidak disertakan sama sekali, sehingga pengguna harus mendownloadnya sendiri.

Ide menulis artikel ini bermula ketika @admin Tekno Virtual membeli VGA Card MSI HD7730. Kemudian memasangkannya di Motherboard MSI yang menggunakan prosesor Core i3. Setelah barangya didapat langsung Saya pasang di Komputer, kemudian menginstall driver. Alih-alih ingin bermain game, layar monitor tiba-tiba ngeblank sendiri saat membuka aplikasi. Pernah mencoba restart komputer berhasil keluar gambar lagi, 10 menit lagi restart.

Saya jadi penasaran apa yang terjadi dengan VGA ini, padahal menggunakan driver bawaan tetapi hasilnya Blank. Saya bongkar komputer, melepasakan Prosesor, RAM, dab VGA kemudian memasangnya kembali. Ternyata hasilnya sama saja, tetap ngeblank beberapa menit kemudian. Kemudian coba ganti OS dengan Windows 8 dan 10, ternyata hasilnya sama.

Akhirnya setelah pusing ria menemukan jawaban dari permasalahan tersebut. Karena VGA Card ini menggunakan chipsest AMD Saya telusuri di web AMD Driver kemudian mendownload driver yang paling update. Berikut ini cara mendownload driver ATI Catalyst terbaru untuk VGA Card Anda.

Cara Mengatasi Blank Setelah Install Driver VGA:
1. Pastikan Anda sudah mengetahui seri VGA, misalkan MSI HD 7730
2. Buka AMD Driver + Download Center
3. Sesuaikan dengan VGA Card yang Anda gunakan dan Sistem Operasinya. Misalnya Windows 7 64 Bit

AMD Download Driver

4. Pilih Display Result
5. Download driver dan install
6. Restart komputer. Tara... kini monitor Anda tidak ngeblank lagi dan siap bermain game.

2 komentar:

  1. Gan sya install driver nvidia 840M di W10 dia masuk ke windows tpi layar nya hitam itu karena apa ya? apa sya harus dowload lgi grafic nvidia nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update driver versi terbaru gan, pasti normal lagi

      Delete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish