Teknologi dan Komputer

No Display Menggunakan VGA Card Baru Dengan Converter DVI to VGA

Teknologi Virtual

 Penulisan artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi @admin Tekno Virtual yang membeli VGA Card baru merek MSI HD7730-2GD5 dengan harga Rp. 1.000.000. MSI HD7730-2GD5 merupakan family dari HD 7770 yang terkenal akan irit daya namun perfomanya tetap tinggi. MSI HD7730-2GD5 sendiri tidak membutuhkan power tambahan, jadi ramah untuk power suply sedang.

Setelah barang diterima, Saya tidak sabar mencobanya kemudian memasang pada PC. Perlu Anda tahu MSI HD7730-2GD5 tidak ada port/ konektor VGA, yang tersedia port DVI, HDMI, dan Display Port. Saya menggunakan konektor DVI to VGA dengan harga Rp. 15.000. Saya menyesuaikan dengan LED ASUS yang ada dirumah karena masih menggunakan port VGA, seandainya LED ASUS Saya ada port HDMI pasti membeli kabel HDMI.

Macam-Macam port pada VGA Card
Macam-Macam port pada VGA Card

Masalah muncul ketika install driver, tampilan layar monitor jadi No Display. Saya kira ini hanya masalah driver kemudian mendownload versi terbaru di web AMD namun setelah di install jadi blank lagi/ No. Display. Sebenarnya tidak langsung blank, ketika komputer dihidupkan sampai logon screen Windows gambar masih tampil, tetapi setelah Windows benar-benar terbuka jadi blank.

Saya penasaran dengan VGA Card ini kenapa jadi blank, sampai berfikir mungkin Sistem Operasi tidak suport. Kemudian Saya install PC dengan Windows 7 64 Bit, Windows 8 64 Bit, dan Windows 10 64 Bit, lagi-lagi jadi blank setelah install driver VGA. Sorenya Saya hubungi si penjual VGA lewat Yahoo Messengger (Saya ambil VGA di Galaxy Solusindo Malang), dan menanyakan mengenai komplain barang yang Saya beli. Penjualnya emang baik hati, langsung disuruh ke sana untuk direplace/ diganti yang baru.

Sebelum menukarkan VGA, Saya sempat mendatangi tempat service komputer yang katanya cukup handal. Mereka mengatakan kalau converter saja sepertinya nggak ngaruh mas.. ada kemungkinan yang rusak port DVI-nya. Sesampainya dirumah VGA replace tersebut Saya pasang, dan lagi-lagi No Display setelah install driver. Kemudian Saya coba menggunakan converter HDMI to VGA, Alhamdullilah berjalan lancar. 


Converter HDMI to VGA
Male HDMI to Female VGA
Male HDMI to Female VGA

Solusi lain menggunakan converter DVI Single Link daripada dual Link yang nyebabkan No Display. Namun mencari converter DVI Single link susahnya minta ampun, jarang yang jual gan..! Supaya Anda paham perhatikan port DVI Female dan port DVI Male berikut ini.

Jenis-Jenis Port DVI Male & Female
Port DVI Male
Port DVI Male

Port DVI Female

Macam-Macam Converter DVI to VGA
Female DVI-D Dual Link to Male VGA
Female DVI-D Dual Link to Male VGA


Female DVI-I Dual Link to Male VGA
Female DVI-I Dual Link to Male VGA

Female DVI Single Link to Male VGA
Female DVI-I Single Link to Male VGA

Kesimpulan!
Bila Anda membeli VGA Card baru dan menggunakan converter DVI Dual Link to VGA, setelah install driver terjadi No. Display/ Blank jangan panik dulu. Cobalah menggunakan converter DVI Single Link to VGA atau ganti dengan HDMI to VGA. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu