Teknologi dan Komputer

6 Fitur Facebook Tersembunyi Yang Wajib Anda Ketahui

Teknologi Virtual

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial Facebook? Media sosial yang sedang booming di dunia ini memang tak pernah ada habisnya untuk dibicarakan, kemunculannya di tahun 2004, dari perusahaan digital di Menlo Park California Amerika Serikat ini terus tumbuh pesat, bahkan facebook berhasil merangkul 1,5 Miliar pemakai sedunia. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini juga sudah memiliki banyak cabang bisnis dan sukses membuat perusahaannya tumbuh signifikan.

Banyak di antara pengguna di Indonesia yang masih gemar menggunakan facebook sebagai media komunikasi online, karena dianggap sederhana dan mudah dipahami, bahkan tidak sedikit para online shop menjajakan berbagai produknya lewat jejaring sosial ini. Meskipun telah rutin dipakai, mungkin Anda sering menggunakan facebook hanya untuk berinteraksi dengan teman - teman melalui fitur-fitur pada umumnya, namun ternyata masih banyak pengguna yang tidak mengetahui beberapa fitur  tersembunyi facebook yang lain. Berikut 6 Fitur dan layanan tersembunyi facebook yang jarang diketahui.

6 Fitur Facebook Tersembunyi Yang Wajib Anda Ketahui

1. Foto Sempurna
Gunakan fitur Foto sempurna,  fitur  yang satu ini akan membuat foto unggahan Anda lebih menarik, caranya adalah pilih foto yang akan diunggah, kemudian klik ikon tongkat sihir (magic wand) Disini Anda akan menemukan beragam pilihan teks dan stiker yang bisa Anda gunakan untuk melakukan editing foto seperti merapikan atau mempercantik foto yang Anda unggah bisa Anda tambahin dengan berbagai teks atau stiker-stiker unik semisal gambar dari peralatan selam hingga kacamata hitam. Sayangnya fitu ini baru tersedia pada perangkat bermesin iOS , namun kabarnya akan segera muncul di Android.

2. Menyembunyikan Status Hubungan
Mungkin tidak semua orang suka mengumbar status hubungan mereka dengan pasangannya di media sosial facebook. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan perubahan pada pengaturan yang disediakan. Caranya Anda dapat membuka profil Anda dan klik pada bagian about kemudian klik bagian “family and relationship”arahkan pointer Anda ke “relationship” dan klik pada bagian tersebut, disini Anda dapat mengubah setting ke “only me” untuk menyembunyikan status hubungan Anda ke publik, dengan melakukan pengaturan ini maka status hubungan Anda hanya diketahui oleh Anda sendiri sebagai pemilik akun.

3. Pelafalan Nama
Fitur pelafalan nama sebenarnya sudah lama tersedia di facebook, namun jarang diketahui para penggunanya,  fitur ini dapat diaktifkan pada bagian “about”  di profile dengan mengklik “details about you” dengan fitur ini Anda mampu mengucapkan atau melafalkan nama teman-teman luar negeri Anda dengan ejaan yang sesuai dan tepat. Dengan begitu Anda dapat berkomunikasi lebih lancar dan sesuai keinginan.

4. Kata Kunci Sekali Pakai
Fitur ini sangat membantu sekali buat Anda yang sering terledor saat log out menggunakan akun facebook diperangkat umum seperti di kantor, atau tempat lainnya, penggunaan akun facebook di perangkat umum ini jelas mengandung risiko seperti penyalahgunaan akun oleh pihak kedua atau bisa juga terjangkitnya akun oleh virus dari perangkat umum tersebut.

Nah untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan layanan atau fitur password sekali pakai (one-time password) cukup dengan mengirim pesan singkat (SMS) ‘otp’ ke 32665, kemudian Anda akan mendapatkan delapan karakter kata kunci yang hanya berfungsi untuk 20 menit dan selanjutnya tidak bisa digunakan kembali, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan hal-hal yang membahayakan akun Anda.

5. Pemeriksaan Keamanan
Fitur atau layanan yang ini masih jarang diketahui banyak orang, yakni layanan pemeriksaan keamanan, fitur ini tentu sangat berguna dan bermanfaat untuk mejadikan akun Anda lebih aman dari gangguan hacker.

Cukup dengan melakukan pengaturan cheklist pada keamana yang diinginkan, maka pengguna bisa melakukan log out dari facebook di web browser dan aplikasi yang tidak meraka gunakan atau menerima peringatan ketika seseoran mencoba untuk masuk ke akun mereka dari browser atau pernagkat yang dikenalnya.

6. Berhenti Berlangganan
Apakah Anda sering mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari komentar teman atau postingan group yang sangat intens dan mengganggu? Jika iya, hal ini tidak bisa dibiarkan jika hal ini berlangsung secara berlebihan dan terus menerus, bagaimana cara menghentikan notifikasi yang sangat mengganggu karena terus-terusan muncul.

Dengan fitur ini Anda dapat mengatasinya, yakni dengan cara mengklik ikon di sudut kanan atas web browser Anda, kemudian klik “X”tepat di sebelah tiap-tiap pemberitahuan maka notifikasi yang mengganggu ini akan hilang, bahkan Anda juga dapat mengatur untuk mendapatkan lebih sedikit atau lebih banyak pemberitahuan untuk masing –masing grup.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu