Teknologi dan Komputer

Dampak Negatif Menggunakan Software Bajakan Untuk Bisnis Anda

Teknologi Virtual

Bagi semua pelaku pebisnis sudah pasti ingin menekan biaya serendah rendahnya, demi mendapatkan keuntungan yang maksimal, meskipun hal ini bisa dibilang positif, namun alangkah baiknya banyak hal lain yang juga diperlukan untuk menunjang kualitas bisnis.  Dalam hal ini tentu tidak boleh menurunkan kualitas bahan baku apalagi mengurangi proses produksi hanya untuk memperbesar keuntungan, tidak menutup kemungkinan akan berimbas pada penurunan kualitas bisnis secara keseluruhan.

Ada satu hal yang mungkin tidak disadari oleh para pebisnis, yakni pengaruh pada penggunaan Software bajakan pada kualitas bisnis, meskipun software bajakan memiliki harga yang terjangkau dan fungsi yang sama dengan original, akan tetapi banyak sekali resiko yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan software bajakan untuk kepentingan bisnis.

Software Bajakan

Resiko apa yang mungkin ditimbulkan? Beberapa alasan ini tentu bisa dijadikan himbauan untuk Anda sebelum memakai Software bajakan.

1. Rendahnya Tingkat Keamanan Software Bajakan
Jika pada software original, sudah pasti mendapatkan perlindungan resmi dari produsennya, namun tidak pada software bajakan. Penggunaan dengan proses penggandaan software yang sembarangan atau asal asalan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, akan berdampak buruk pada software bajakan yang akhirnya menjadi rentan terhadap manipulasi dan tindak cyber cime, hal ini tentu akan merugikan Anda. Jika kita tidak ingin data data bisnis kita di curi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, alangkah baik nya untuk mengehentikan pengunaan software bajakan, ini semua demi kepentingan keamanan bisnis Anda.

2. Tidak ada Versi Update
Untuk software original sudah pasti memiliki fitur updating yang membuat kita bisa menggunakan fitur fitur baru pada software tersebut, namun untuk pengguna softrware bajakan, sudah pasti  tidak bisa melakukan fitur update. Mungkin solusinya iyalah membeli software bajakan versi baru, sudah pasti ini bukan sebuah jalan keluar yang baik untuk mengakhiri mata rantai penggunaan software bajakan, jadi alangkah baiknya, kita menggunakan software original demi kelangsungan pemakaian yang baik.

3. Dapat Mempengaruhi Proses Produksi
Perlu diketahui, bahwa software bajakan yang rusak dapat mempengaruhi proses produksi atau kerugian lainnya dalam bisnis, apalagi pada software bajakan yang kualitasnya rendah, ternyata cukup rentan rusak dan rentan dipengaruhi serangan virus atau gangguan cyber crime lainnya, tentunya kita tidak mau bukan membuang waktu dan tenaga hanya untuk membenahi kerusakan , ini hanya akan berdampak mengakibatkan tingkat efesiensi bisnis menjadi turun. Satu contoh yang ada , software keuangan perusahaan yang berasal dari sumber bajakan ternyata rentan rusak , sehingga membuat divisi harus bekerja lebih untuk mencari dan mencatatat dokumentasi aliran keuangan bisnis. Sudah bisa dibayangkan berapa kerugian kita pada waktu dan tenaga yang diakibatkan software bajakan ini.

4. Ada Kemungkinan Menghadapi Tuntutan Hukum

Saat ini beberapa Negara maju memiliki perundang undangan yang ketat  untuk mengatur tenteng penggunaan software bajakan, alhasil bisa saja para pengguna software bajakan dapat terkena sangsi tuntutan hukum karena dianggap merugikan produsen software.

5. Tidak Tersedia Service After Sale

Setiap produsen software original tentu akan bertanggung jawab terhadap setiap software yang diproduksinya, tersedianya layanan resmi untuk berbagai macam kendala sehingga memudahkan kita untuk berkonsultasi, namun hal ini tidak bisa kita lakukan pada pengguna software bajakan, sebab tidak ada jaminan keamanan, garansi dan service after sales.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu