Teknologi dan Komputer

Membuat Timer Shutdown Otomatis Pada Komputer

Teknologi Virtual

Timer Shutdown otomatis artinya komputer akan mati dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Cara ini sangat bermanfaat bagi Anda yang suka meninggalkan kompter seperti ketika mendownload filem dengan kapasitas besar maka dapat ditinggal tidur sampai downloadnya selesai. Anda dapat menentukan berapa jam komputer mati dengan sendirinya, misalkan download filem membutuhkan waktu 1 jam, Anda dapat membuat timer shutdown 1jam.

Membuat Timer Shutdown Otomatis Pada Komputer

Menariknya lagi timer shutdown ini tidak menggunakan aplikasi pihak ke-3, namun cukup menggunakan Command Prompt. Baiklah berikut ini cara membuat Timer Shutdown Otomatis pada komputer:

1. Buka CMD (Command Prompt)
Buka CMD (Command Prompt)

Langkah pertama untuk membuat timer agar laptop atau komputer mati tanpa memasang aplikasi tambahan adalah dengan membuka CMD alias Command Prompt. Untuk membukanya, cukup gunakan Win + R dan kemudian ketikkan CMD pada kolom yang tersedia. Pilih OK.
Command Prompt ini sendiri memiliki fungsi penting, yaitu untuk memasukkan command alias perintah dalam wujud teks dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh sistem komputer.

2. Masukkan Kode yang Diperlukan
Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode yang benar agar Anda dapat memanfaatkan fitur timer untuk mematikan komputer atau laptop Anda secara otomatis jika nantinya Anda jatuh tertidur tanpa sempat melakukannya. Kodenya adalah Shutdown.exe –s –f –t “3600”. Harap diingat bahwa angka yang disisipkan di antara kedua tanda kutip menandakan waktu timer. Tekan Enter.
Shutdown.exe –s –f –t “3600”

Kode yang kami gunakan sebagai contoh berarti bahwa komputer atau laptop akan mati 60 menit kemudian, yang berarti angka 3600 tadi berarti 3.600 detik.
Shutdown.exe –s –f –t “3600” 2

Nah, sedangkan maksud dari komponen –s –f –t dari kode Shutdown.exe –s –f –t adalah sebagai berikut. Bagian –s berarti Shutdown. Bagian –f berarti Force. Bagian –t berarti Timer.

3. Cara Membatalkan Timer
Jika Anda ingin membatalkan command atau perintah timer yang sudah Anda buat sebelumnya, Anda cukup mengetikkan kode Shutdown.exe –a di baris perintah berikutnya (atau di bawah baris perintah pengaturan waktu timer untuk mematikan laptop atau komputer Anda).
Shutdown.exe –a

Nah, yang baru saja kami bagikan kepada Anda adalah cara praktis dan mudah untuk mengatur timer agar komputer atau laptop Anda tidak perlu menyala terus-menerus meskipun Anda jatuh tertidur dan lupa mematikannya. Apakah Anda juga tahu cara lain yang juga tidak memerlukan pemasangan aplikasi tambahan tertentu? Coba bagikan di sini juga!

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu