Sabtu, 14 November 2015

Pahami 5 Penyebab Laptop/ Netbook Mejadi Panas

Menggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama tentu bisa mengakibatkan bermacam hal, salah satunya masalah overheat atau panas, kondisi ini menjadi masalah besar yang dialami banyak pengguna. Biasanya masalah laptop panas terjadi pada laptop yang sudah berumur atau yang sudah cukup lama pemakaian nya, namun tidak sedikit pula laptop baru yang bisa mengalami masalah panas dan overheat.
Pahami 5 Penyebab Laptop/ Netbook Mejadi Panas

Jika Anda sering menggunakan laptop dalam keadaan panas secara terus menerus, tentu hal ini akan merusak berbagai macam komponen lainnya yang ada di dalam laptop, komponen tersebut bisa saja rusak dan bahkan terkabar. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan laptop mejadi panas. Nah kali ini Teknovirtual akan membahas berbagai hal-hal yang menyebabkan laptop Anda menjadi panas dan overheat.

Untuk itu mari kita Ketahui! Inilah 5 penyebab laptop panas dan overheat, jika hal ini sudah Anda ketahui tentu akan menjadi solusi penting untuk menyembuhkan laptop Anda yang sering kepanasan.

1. Penggunaan Laptop di Tempat yang Salah
Penggunaan Laptop di Tempat yang Salah

Seperti di tempat tidur atau di sofa, menjadi tempat penggunaan laptop yang salah besar, pasalnya tempat tersebut tidak dapat menyerap panas dengan baik, kondisi alas atau tempat yang empuk tentu akan menghambat udara panas dari mesin laptop, apalagi tempat tidur biasanya memiliki banyak partikel kecil yang bisa masuk dan mengotori komponen, tanpa kita sadari laptop akan tersumbat oleh kotoran yang menumpuk.

2. Penyumbatan Ventilasi
Penyumbatan Ventilasi

Setiap laptop pasti memiliki lubang ventilasi yang berguna untuk sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop, ventilasi juga sangat penting, karena berguna untuk membuang udara panas dari dalam laptop. Biasanya salah satu penyebab panas dan overheat-nya laptop disebabkan oleh tersumbatnya ventilasi udara oleh banyaknya debu dan kotoran di dalamnya, dengan begitu udara panas dari dalam laptop tidak dapat keluar dengan baik.

3. Kipas Rusak
Kipas Rusak

Sama hal nya dengan ventilasi, kipas udara juga sangat penting untuk mengusir udara panas laptop, namun apa jadinya jika kipas rusak atau mati, hal ini tentu akan menyebabkan laptop Anda panas. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek kipas laptop rusak atau tidak:
  1. Anda bisa dekatkan telinga Anda pada laptop, jika terdengar suara kipas Anda sudah rusak
  2. Cara yang kedua Anda bisa dekatkan tangan Anda ke ventilasi, jika tidak ada udara panas yang keluar, bisa jadi kipas laptop Anda sudah rusak.

4. Kipas Kotor
Kipas Kotor

Tidak hanya kipas yang sudah rusak, kipas yang kotor juga bisa mengakibatkan laptop Anda cepat panas, bila Anda sudah mengecek dengan cara sebelumnya lalu udara panas yang keluar dari laptop hanya sedikit, Anda bisa bongkar laptop Anda dan cobalah keluarkan kipasnya, bersihkan kotoran yang menempel pada kipas laptop, karena kotoran inilah yang menjadikan kipas Anda menjadi lambat dalam mengeluarkan angin.

5. Penggunaan Charger Terlalu lama
Penggunaan Charger Terlalu lama

Biasanya hal ini sering terjadi pada kita, lupa mencopot charger dari laptop ternyata dapat berakibat panas dan overheat, bahkan yang jelas dapat merusak baterai laptop serta komponen lainnya, untuk itu cobalah memperhatikan pengisian baterai laptop agar mencegah rusaknya baterai serta komponen.

Jadi sudah jelaskan, bagaimana laptop Anda sering mengalami kepanas dan overheat, lima hal diatas tentu wajib kamu periksa terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membawa laptop ke tempat service. Mulai saat ini cobalah menjaga kebersihan laptop Anda agar tidak cepat rusak.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon