Selasa, 29 Desember 2015

5 Cara Guru Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet

Guru merupakan seorang pengajar yang bekerja di suatu Instansi tertentu dan mendapatkan penghasilan darinya. Namun demikian, ada sebagian guru yang merasa pendapatannya kurang dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka bisnis Internet bisa menjadi pilihan.

Tidak sedikit para pendidik di pelosok dunia yang selain mendapatkan penghasilan dari upah mengajar tetapi juga mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet. Contohnya adalah Karlla Patrícia, dia adalah seorang pengajar asal portugal yang telah berhasil mendapatkan ratusan dollar tiap bulannya hanya dengan berbisnis Internet.

5 Cara Guru Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet

Nah bagi Anda semua yang tertarik untuk mencoba berbisnis lewat Internet, di bawah akan dipaparkan jenis-jenis bisnis Internet apa saja yang cocok bagi anda selaku pendidik.

5 Cara Guru Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet:

1. Menulis Artikel atau Materi di Blog Pribadi
Di dunia ini banyak sekali orang yang lapar akan informasi dan salah satu cara yang bisa mereka lakukan adalah dengan mencari informasi tersebut melalui Internet, dalam hal ini bisa melalui google. Apabila informasi yang dia cari ada di situs kita, maka peluang blog dikunjungi akan semakin besar. Bagaimana jika yang mencarinya ribuan orang? ya berarti ribuan orang juga yang akan mengunjungi blog kita.

Terus keuntungannya apa?
Blog yang mendapatkan visitor dengan jumlah yang banyak akan memberikan keuntungan buat si pemiliknya, diantaranya:
  1. Meningkatkan ketertarikan seseorang/perusahaan untuk memasang iklan di blog. Mereka beranggapan bahwa blog yang kita miliki berpotensi untuk menjadi ladang uang bagi si pengiklan sehingga mereka berani bayar mahal hanya untuk menyewa satu slot/tempat di blog yang kita miliki. Untuk tarifnya sendiri tergantung persetujuan antara si pemilik blog dengan pengiklan. Bisa ratusan ribu/bulan atau mungkin jutaan dalam satu bulan.
  2. Jika anda mendaftar ke google adsense dan mendapat persetujuan dari mereka, maka ada kabar baik bagi si pemilik blog yang memiliki jumlah visitor melimpah, mereka berkesemapatan mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar darinya. Perlu diketahui google adsense adalah perusahaan periklanan dunia yang akan membayar jika iklan google adsense yang dipasang di blog kita ada yang mengklik. Harganya sendiri beranekaragam mulai dari 0.01$/klik hingga 5$/klik pun ada. Coba anda bayangkan jika iklan adsense yang di pasang di blog kita ada yang mengklik 1000 kali, berapa penghasilan yang akan kita dapatkan? Silahkan prediksi sendiri. 
  3. Meningkatkan potensi pembelian produk. Jika anda selaku pemilik blog dan kebetulan memiliki produk yang ingin di jual maka anda bisa memajang produk anda di blog. Jumlah visitor yang melimpah akan meningkatkan potensi pembelian produk anda tersebut. Apabila Anda semua tidak memiliki produk, dropship atau menawarkan barang orang lain bisa menjadi pilihan. 
Bagi anda yang tertarik untuk membuat blog secara gratis, mungkin anda bisa download tutorialnya di artikel "Download Tutorial Membuat Blog untuk Para Guru".

2. Membuat Video Pembelajaran dan Mengunggahnya di Youtube
Youtube adalah situs yang didalamnya terdapat kumpulan-kumpulan video dan hampir semuanya adalah hasil unggahan para penggunanya. Apabila anda ingin mengunggah video di youtube maka anda sama sekali tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, cukup siapkan video yang menarik dan bermanfaat maka anda sudah bisa mengunggah video di youtube.

Bagi para pengunggah, khususnya anda seorang guru, mengunggah video dalam hal ini video pembelajaran akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelakunya. Salah satunya sebagai ladang bisnis di Internet. Setidaknya ada 2 jenis bisnis Internet yang bisa dilakukan melalui youtube yaitu:
  1. Menawarkan Jasa/ Produk yang ditawarkan dalam bentuk video di youtube. Jenis video ini bukan sesuatu yang aneh bagi para pebisnis online, karena hal tersebut merupakan salah satu senjata ampuh untuk meningkatkan profit bagi si penjual. Untuk seorang guru, menawarkan ebook tentang pendidikan dan kemudian menawarkannya melalui youtube merupakan langkah yang bagus dan bisa menjadi ladang bisnis bagi anda semua. Ditambah lagi ebook adalah barang digital yang tentunya tidak akan pernah mengenal kata habis (tidak seperti barang nyata). Si pembuat ebook hanya butuh bekerja ekstra diawal dan selanjutnya tinggal menunggu pembeli.
  2. Bisa dipasang google adsense. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, adsense adalah perusahaan periklanan dunia yang akan membayar jika ada iklannya yang diklik oleh pengunjung. Nah apabila video youtube anda banyak dikunjungi serta ditonton oleh puluhan ribu orang maka kesempatan anda untuk mendapakan ratusan hingga ribuan dollar bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda hanya butuh membuat video yang baik dan bermanfaat yang kemudian disisipi iklan adsense kedalamnya.
Dewasa ini membuat video bukanlah sesuatu yang sulit, hanya dengan menggunakan handphone jadul yang ada fasilitas merekam video pun bisa. Tinggal pinter-pinter kita saja dalam membuat sebuah video yang menarik dan bermanfaat bagi pemirsa.

3. Menjadi Penulis Lepas
Penulis lepas adalah mereka yang bekerja sebagai seorang penulis dan kemudian dia mendapatkan upah dari kerja menulisnya tersebut. Jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi para guru. Apalagi jika dia bekerja sebagai seorang guru B. Inggris. Menuliskan artikel B. Inggris untuk orang lain bisa menjadi ladang uang bagi mereka yang melakoninya. Untuk harga jasa satu artikel tergantung si pemilik jasa.

Jika Anda ingin mematok harga 50.000/artikel juga bisa atau mungkin lebih juga boleh. Bagi yang tertarik, anda bisa mengunjungi situs freelancer.com atau fiverr.com. Kedua situs ini merupakan tempat dimana seseorang bisa menawarkan jasa yang dimilikinya. Untuk saya pribadi, fiverr.com adalah yang paling mudah. Saya sempat mendapatkan penghasilan hampir 1 juta di bulan pertama.

4. Membuat Ebook dan Menjualnya Lewat Internet
Bagi seorang pendidik membuat sebuah ebook yang didalamnya membahas tentang konten pendidikan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang jika dia sudah terbiasa menulis, susah kalau dia tidak lihai dalam menulis artikel. Adalah sebuah keberkahan bagi mereka yang pandai dalam menuliskan tuilsan-tulisan bermanfaat. Selain dia bisa berbagi ilmu, dia juga berkesempatan mendapatkan penghasilan dari kegiatan menjual ebooknya tersebut.

Namun demikian, bagi Anda yang belum pandai dalam menulis artikel, jangan patah arang. Seperti halnya pisau, jika sering diasah maka akan semakin tajam. Apabila anda sering berlatih menulis, pasti akan semakin lihai dalam membuat tulisan berkualitas. Di zaman modern seperti ini, ebook bukan barang langka. Banyak para pendidik yang menulisakan informasi-informasi bermanfaat dalam bentuk ebook. Selain mudah, biaya yang dikeluarkannya pun sedikit, tidak seperi buku yang didalam proses pembuatannya membutuhkan kegiatan mencetak dan lain sebagainya. Dalam kegiatan menawarkan ebook di Internet, kita bisa melakukannya melalui facebook, youtube, blog pribadi atau mungkin di blog orang lain.

5. Menjual Perangkat Pembelajaran Lewat Internet
Jika anda masuk sebuah grup Facebook yang membahas berkenaan pendidikan pasti akan menemukan orang-orang yang menjual perangkat pembelajaran dalam bentuk soft file, seperti RPP, silabus dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan si penjual perangkat pembelajaran adalah seorang guru. Mereka tengah mencari uang tambahan selain dari upahnya sebagai seorang pengajar.

Nah anda pun bisa, bagi Anda yang kebetulan memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap dan berkualitas bisa mencoba untuk menjualnya di Internet. Banyak sekali guru-guru di Indonesia yang membutuhkan barang tersebut. Termasuk saya pribadi, ada satu atau dua RPP yang saya miliki dari hasil pembelian di Internet.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon