Teknologi dan Komputer

5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Komputer & Laptop

Teknologi Virtual

Komputer dan Laptop diciptakan manusia sebaik mungkin untuk membantu memudahkan manusia dalam segala hal seperti mengetik, browsing, dan lain sebagainya. Karena sifatnya tidak kekal, terkadang Komputer dan Laptop juga mengalami error. Permasalahan pada Komputer dan Laptop dibekan menjadi dua macam yaitu masalah hardware dan masalah software.


Berikut ini Teknovirtual merangkum 5 permasalahan Komputer dan Laptop yang sering terjadi pada penggunanya:

1. Blue Screen
Blue Screen

Blue Screen 2

Pernahkah tiba-tiba monitor PC Anda berwarna biru dan terdapat tulisan yang membingungkan? Banyak pengguna Windows yang mengalami masalah Blue screen pada PC mereka, hal ini bukanlah perubahan backgroud pada PC Anda. Jika hal ini terjadi maka PC Anda bermasalah, jadi jangan senang dulu. Jika tiba-tiba monitor PC berwarna biru maka Anda harus melakukan reboot. Jika Blue Screen berlangsung terus menerus maka Anda bisa melihat tulisan yang ada pada layar. Jika Anda benar-benar tidak paham, langkah terbaik adalah memperbaikinya pada sang ahli komputer.

2. Komputer Loading Lama
Komputer Loading Lama

Masalah lain yang sering terjadi pada PC adalah loading lambbat atau PC tiba-tiba berjalan sangat lambat. Jika hal ini terjadi, masalah mungkin bukan karena kerusakan pada komponen PC Anda. Jadi, jangan buru-buru membeli komponen baru untuk mengganti komponen yang Anda anggap rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memantau terlebih dulu proses yang sedang berlangsung saat Anda bekerja, apakah PC mampu menjalankan program yang berat atau tidak. Yang kedua, cobalah untuk mengatur aplikasi apa saja yang dibutuhkan, bisa jadi PC lambat karena terlalu banyak aplikasi berat.

3. File Sharing Hilang
File Sharing Hilang

File sering hilang adalah salah satu masalah pada PC, hal ini bisa dihindari dengan membacup file secara berkala. Jika memang file masih hilang, Anda bisa memeriksanya pada Recycle Bin atau Anda menggunakan software khusus untuk mencari file-file yang hilang tersebut.

4. Koneksi Internet Kurang Stabil
Koneksi Internet Kurang Stabil

Banyak pengguna internet merasakan hal yang kurang menyenangkan saat mereka online karena koneksi internet lambat atau kurang stabil. Hal ini sering muncul pada PC, dan jika hal ini terjadi, lakukan diagnosa untuk membantu Anda menangani masalah koneksi lambat tersebut.

5. PC Sering Mati Tiba - Tiba
PC Sering Mati Tiba - Tiba

PC atau Laptop yang sering mati secara tiba-tiba saat Anda bekerja, hal ini bisa membahayakan data yang Anda kerjakan. Data bisa hilang karena Anda belum sempat save data tersebut dan PC tiba-tiba mati. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendiagnosa beberapa komponen terkait atau jaringan yang berhubungan dengan daya pada PC.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu