Teknologi dan Komputer

Cara Mendeteksi Kerusakan Komponen Komputer

Teknologi Virtual

Komputer tersusun dari beberapa komponen hardware yang dirangkai menjadi satu sampai komputer dapat dijalankan. Komponen komputer tersebut adalah prosesor, mainboard, RAM, Harddisk, VGA, dan Power Suply. Bagi Anda yang hobi merakit komputer atau bongkar laptop pasti tahu fungsi dari masing-masing komponen tersebut.

Cara Mendeteksi Kerusakan Komponen Komputer

Seperti halnya dokter mendiagnosa penyakit pasien, ternyata kerusakan komponen komputer dapat diketahui dari ciri-cirinya. Setiap komponen hardware memberikan pesan atas kerusakannya seperti layar blank dan komputer tidak dapat dinyalakan.

Berikut ini cara mendeteksi kerusakan komponen komputer:

1. Power Supply
Jika komputer tidak bisa menyala sama sekli, periksa kabel power apakah sudah benar-benar terhubung dengan baik atau belum, periksa juga tombol switch didepan CPU apakah sudah menyala atau belum, jangan lupa cek kabel power apakah masih bagus atau tidak, bila terjadi gejala seperti ini berarti power supply rusak dan harus diganti yang baru.

2. VGA dan Monitor
Bila komputer menyala tapi tidak ada tampilan pada monitor, dan terdengar bunyi beep ketika inyalan, kemungkinan hal ini terjadi kerusakan pada VGA atau bisa juga pada monitor, cobalah untuk mengetes dengan VGA atau Monitor lain yang masih berfungsi baik.

3. RAM
Kerusakan pada RAM juga sering terjadi, pada saat power supply menyala namun tidak bisa masuk ke windows dan tidak ada bunyi beep. Cobalah untuk membersihkan slot RAM dengan menggunakan kuas dan bersihkan RAM dengan penghapusan. Namun jika masih belum bisa cobalah untuk mengganti RAM dengan yang baru.

4. Mother Board/ Mainboard
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas processor berputar, tidak ada suar beep di speaker, hal ini perlu diperhatikan juga karena bisa jadi karena kondisi yang kotor atau memang sudah lemah.

5. Harddisk
Jika komputer menyala, namun tidak bisa masuk ke windows dan harddisk tidak terdeteksi, cobalah copot kabel harddisk kemudian pasang kembali.

Berbagai hal diatas tidak menutup kemungkinan pada kerusakan yang lain. Jadi jika ada kerusakan coba dengan mengganti satu persatu komponen komputer yang rusak hal ini untuk mengetahui mana yang perlu diganti. Dengan begitu Anda akan tahu inti kerusakan itu dimana. Mulai sekarang sayangi komputer Anda dan perhatikan selalu kondisinya, dengan adanya info ini mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu