Teknologi dan Komputer

Istilah-Istilah Yang Sering Muncul Pada Cloud Computing

Teknologi Virtual

Teknologi Cloud Computing saat ini lagi ramai diperbincangkan sebagai solusi penyimpanan data berbasis awan. Namun bagi sebagian besar orang yang masih belajar/ pemula masih belum paham apa itu cloud computing beserta istilah yang terkandung di dalamnya.

Cloud Computing adalah gabungan teknologi komputer dengan teknologi awan (internet) sebagai media penyimpan data. Berikut ini beberapa istilah yang sering muncul dalam cloud computing.

Istilah-Istilah Yang Sering Muncul Pada Cloud Computing

Baca: Memahami Teknologi Cloud Computing
Baca: Keuntungan Menggunakan Cloud Computing Dalam Negeri

Istilah-Istilah Yang Sering Muncul Pada Cloud Computing:

1. IAAS
Infrastructure as a Service atau IaaS adalah penyediaan infrastruktur yang disediakan melalui internet dan dibayarkan berdasarkan pemakaian. Hal ini terjadi apabila developer membutuhkan sebuah infrastruktur di mana dia dapat melakukan setting untuk jalannya sebuah aplikasi.

IaaS memberikan kendali penuh bagi pengguna layanan untuk menyewa infrastruktur TI (storage, RAM, prosesor, dan lain-lain) secara virtual tanpa sistem operasi, yang tentunya sistem operasi tersebut bisa dipilih berdasarkan keinginan pengguna. IaaS sangat menguntungkan bagi perusahaan kecil yang membutuhkan sebuah infrastruktur TI tanpa harus membeli perangkat yang dibutuhkan tersebut.

2. PAAS
Platform as a Service atau PaaS adalah penyediaan platform bagi developer yang disediakan melalui internet. Hal ini dibutuhkan ketika aplikasi yang disediakan melalui Software as a Service (SaaS) tidak sesuai dengan kebutuhan proses bisnis yang terdapat pada perusahaan. PaaS memungkinkan kita untuk membangun, mengunggah, melakukan pengujian aplikasi, atau mengatur konfigurasi yang dibutuhkan dalam proses pengembangan aplikasi. Konsepnya sama dengan SaaS yaitu kita dapat melakukan hal-hal tersebut sesuai jasa yang kita pilih dengan harga tertentu.

Menurut cloudtweaks.com, terdapat empat jenis PaaS, yakni: social application platform, raw compute platform, web application platform, dan business application platform. Contoh dari social application platform adalah Facebook. Facebook menyediakan platform di mana pengguna dapat membuat aplikasi baru yang dapat digunakan oleh end user. Pengguna dapat mengunggahdan mengeksekusi aplikasinya melalui infrastruktur Amazon yang merupakan contoh dari raw computer platform.

Sementara itu, Google menyediakan API bagi developer untuk membangun aplikasi web yang menjadikannya sebagai contoh dari web application platform. Yang terakhir adalah aplikasi CRM bagi perusahaan yang merupakan contoh dari business application platform.

3. SAAS
Software as a Service atau SaaS adalah layanan software yang digunakan melalui internet. Sebenarnya hal ini bukan merupakan hal yang asing dan sering kita gunakan, tapi mungkin tidak kita sadari. Contoh dari SaaS ini adalah Google Docs, Facebook, aplikasi CRM berbayar, dan lain-lain. Pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus mengerti bagaimana data disimpan ataupun bagaimana aplikasi tersebut dikelola karena hal tersebut sudah termasuk layanan yang disediakan penyedia jasa.

Pembayaran dari penggunaan aplikasi-aplikasi ini pun hanya per pemakaiannya. Bahkan, terkadang ada aplikasi yang pemakaiannya tidak berbayar, tetapi ada fitur-fitur tertentu yang bisa didapatkan jika membayar. Dari sinilah muncul istilah Pay per use, pay as you go, atau lain sebagainya. Dengan menggunakan SaaS, banyak perusahaan yang terbantu menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah perangkat lunak.

4. Data Center
Data Center merupakan suatu tempat di mana server-server fisik ditempatkan.

5. Cloud App
Cloud App merupakan penjelasan atau kode bahwa aplikasi tidak dijalankan atau diinstal secara lokal, contohnya Google Drive, Google Keep, dan sebagainya.

6. SLA
SLA (Service Level Agreement) merupakan perjanjian kontraktual dari dua pihak atau lebih dan menjadi dasar ataupun acuan atas tingkat pelayanan. Pada layanan komputasi awan, ketersediaan, keandalan, dan keamanan menjadi tiga hal yang harus dipertimbangkan.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu