Teknologi dan Komputer

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing Dalam Negeri

Teknologi Virtual

Belakangan ini lagi trend istilah cloud computing dalam dunia komputer. Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dengan awan (internet). Cloud computing erat kaitannya dengan metode penyimpanan data berbasis awan. Kebutuhan cloud computing saat ini paling dicari, maka dari itu Anda harus pandai memilih layanan cloud computing yang terbaik.

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing Dalam Negeri

Dengan semakin banyaknya penyedia layanan komputasi awan, berarti semakin tinggi juga persaingan di antara setiap penyedia layanan. Hal ini menguntungkan bagi pelanggan baru maupun pelanggan lama karena persaingan bisnis ini akan menghadirkan harga yang semakin kompetitif serta fitur dan fasilitas yang semakin baik.

Di Indonesia sendiri sekarang ini banyak jasa cloud computing dengan beberapa keunggulan yang ditawarkannya. Berikut ini keuntungan yang bisa diperoleh jika memilih penyedia layanan komputasi awan lokal:

1. Lokasi Server
Lokasi server menjadi fokus paling penting dalam memilih layanan komputasi awan. Mengapa alasan pemilihan lokasi server ini penting? Logikanya bisa dibilang sangat sederhana. Semakin dekat lokasi server dengan end-user, maka akan semakin cepat server tersebut merespon permintaan dari user.
Misalnya bila Anda membuat suatu website dan memiliki target audience adalah warga Indonesia, pemilihan server lokal menjadi pilihan terbaik. Proses penampilan konten website akan sangat cepat sehingga pengunjung dapat segera melihat konten yang ada pada website.

2. Komunikasi (Support)
Sebagai pelanggan, pastinya Anda akan berkomunikasi dengan team support dari penyedia layanan yang Anda sewa. Masalah bahasa mungkin tidak menjadi masalah bila anda mahir dalam berbahasa Inggris. Pasalnya bila anda menggunakan layanan komputasi awan internasional, Anda akan menggunakan bahasa Inggris sebagai media berkomunikasi.

Namun, jika Anda menggunakan layanan lokal, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan team support dari penyedia layanan karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu bahasa Indonesia. Penyedia layanan yang baik pastinya juga memiliki dukungan support 7 hari x 24 jam, baik untuk support teknis maupun nonteknis.

3. Variasi Layanan dan Harga
Seperti yang disampaikan sebelumnya, di Indonesia Penyedia layanan komputasi awan jumlahnya semakin banyak. Tiap penyedia layanan pun menawarkan paket layanan yang berbeda-beda sehingga calon pelanggan memiliki banyak pilihan variasi layanan komputasi awan. Semakin banyak penyedia layanan tentunya persaingan harga pun semakin bervariasi sehingga harga layanannya pun semakin kompetitif.

4. Metode Pembayaran
Sebagai pelanggan suatu layanan, pastinya Anda akan melakukan pembayaran atas layanan yang Anda sewa atau Anda gunakan. Bila Anda menggunakan layanan lokal, metode pembayaran tidak akan menjadi kendala yang berarti. Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan metode bank transfer dan bisa dibayarkan dengan cara transfer menggunakan ATM ataupun transfer tunai melaui bank.

Bila Anda menggunakan layanan cloud internasional, tentu saja metode pembayaran yang disediakan adalah metode pembayaran internasional juga, seperti menggunakan kartu kredit Visa, Master Card, PayPal, dan metode lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu