Teknologi dan Komputer

Memahami Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Teknologi Virtual

Dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dengan yang namanya internet. Dengan internet kita bisa melakukan apa saja seperti mencari informasi, bertukar pesan, membuka jejaring sosial dan lain sebagainya. Bisa dikatakan internet dapat membantu memudahkan manusia dalam memperoleh informasi.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah internet, intranet, dan extranet. Apakah keduanya sama atau mempunyai perbedaan diantara keduanya. Supaya Anda paham apa yang membedakan internet, intranet, dan extranet sebaiknya paham dulu definisi diantara ketiganya.

Pengertian Internet, Intranet, dan Extranet

1. Pengertian Internet

Pengertian Internet

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/ IP) sebagai packet switching protocol (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di internet dunia.Rangkaian dunia yang disebut Internet. Bagaimana menghubungkan sirkuit dengan aturan ini disebut internetworking (“antara jaringan”).

2. Pengertian Intranet
Intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP / IP), untuk membagi informasi rahasia tentang perusahaan atau operasi perusahaan untuk karyawannya. Kadang-kadang, istilah ini mengacu hanya untuk intranet layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.
Pengertian Intranet

Untuk membangun sebuah intranet, maka jaringan harus memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, Internet Protocol (TCP/ IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan server. HTTP dan protokol Internet lainnya (FTP, POP3, SMTP atau) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

3. Pengertian Extranet
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Pengertian Extranet

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Perbedaan antara Internet, Intranet, dan Extranet
Internal Network atau yang biasa disebut dengan intranet pengertianya juga sama dengan internet, yaitu sebuah jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan beberepa komputer. Perbedaanya adalah pada jangkauan yang bisa dijangkau oleh jaringan intranet.

Jangkauan dari intranet ini lebih sempit bila dibandingkan dengan internet. Misalnya, jaringan pada suatu perusahaan yang hanya dikhususkan untuk perusahaan itu saja tanpa bisa diketahui oleh orang lain. Dan bila perusahaan ini menginginkan orang lain bisa melihatnya, maka jaringan ini akan disebut dengan ekstranet.

Jaringan ekstranet adalah jaringan pada suatu perusahaan yang mempublikasikanya kepada khalayak umum, tapi data-data yang ada didalam perusahaan tersebut tidak dapat dirubah-rubah oleh khalayak umum. Sedangkan perusahaan tersebut masih bisa leluasa merubah isi data-data dari perusahaan.

Pada dasarnya adalah, perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet terletak pada titik jangkauan yang bisa dijangkau oleh masing-masing jaringan.

Ciri-Ciri Internet dan Intranet
Internet
  1. Bersifat publik (untuk kepentingan umum)
  2. Pada umumnya digunakan oleh banyak orang
  3. Dapat diakses oleh siapa saja
  4. Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas
  5. Merupakan kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN.
Intranet
  1. Bersifat pribadi (untuk kepentingan organisasi)
  2. Pada umunya hanya digunakan dalam perusahaan
  3. Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
  4. Informasi yang tersedia spesifik (untuk perusahaan)
  5. Umumnya merupakan jaringan LAN, WAN atau MAN.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu