Teknologi dan Komputer

Sejarah Windows 95 Yang Menjadi Cikal Bakal Windows Modern

Teknologi Virtual

20 tahun lalu, tepatnya 24 Agustus 1995, Microsoft meluncurkan sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari sistem operasi modern yaitu Windows 95. Dikembangkan pertama kali dengan nama kode Chicago, banyak perubahan signifikan yang dihadirkannya dibanding sistem operasi sebelumnya seperti DOS atau Windows 3.1. Sistem operasi ini pertama kalinya menggabungkan antara DOS dan sistem Windows dengan menampilkan user interface yang lebih baik.

Kini, teknologi sudah makin berkembang dan banyak berubah sejak kemunculan Windows 95. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran Windows 95 kala itu bisa dianggap sebagai pionir dari berbagai feature di sistem operasi yang ada saat ini. Berikut beberapa diantaranya yang menarik untuk diulas.

Start Menu


Windows 95 merupakan Windows yang pertama kali menggunakan tombol menu Start. Pada versi sebelumnya, pengguna mesti mengarahkan ke kumpulan folder dan jendela untuk menemukan aplikasi ataupun file yang ingin dijalankan. Adanya menu Start tersebut tentu saja memudahkan dan membuat proses pencarian menjadi lebih cepat karena tersusun dengan lebih rapi.

Taskbar
Bersamaan dengan menu Start, taskbar juga hadir pertama kali pada Windows 95. Kehadirannya ditujukan agar peralihan antar aplikasi lebih mudah dan cepat. Hal ini sangat membantu saat menjalankan multitasking. Sebelum Windows 95, proses multitasking masih sulit dilakukan karena saat itu satu aplikasi hanya bisa dijalankan pada satu waktu saja.

Penggunaan nama yang panjang
Pada Windows versi sebelumnya, pengguna dibatasi hanya hingga delapan karakter saja dalam memberi nama file ataupun folder. Dan Windows 95 merubah hal tersebut dimana pengguna bisa menggunakan hingga 255 karakter dalam memberi nama file atau folder. Hal ini tentu memudahkan dalam mengenali ataupun saat mencari file serta folder.

Internet Explorer

Pada Windows 95 edisi perdana pengguna agak kesulitan saat mengakses internet karena tidak tersedianya aplikasi pendukung berupa peramban. Namun selanjutnya Microsoft menghadirkan satu paket aplikasi dengan nama Plus! Yang didalamnya terdapat Internet Explorer yang pertama kali hadir bagi kemudahan akses berinternet. Dan harus diakui bahwa kehadiran Internet Explorer saat itu menjadi salah satu penyumbang dalam pesatnya pertumbuhan penggunaan internet di tahun 1990-an.

Plug and Play
Istilah ini cukup populer saat kehadiran Windows 95. Sebelumnya pengguna agak kesulitan saat memasang perangkat tambahan karena mesti menggunakan perintah khusus berbasis command. Menghubungkan satu perangkat tambahan bisa memakan waktu hingga berjam-jam agar berfungsi dengan lancar. Melalui Windows 95, Microsoft membuat proses pemasangan menjadi lebih mudah. Mereka mengklaim cukup dengan menancapkan perangkat ke PC dan otomatis Windows 95 akan mengenalinya dan pemasangan driver bisa dilanjutkan. Meski pada Windows 95 versi awal, hal tersebut masih memiliki banyak masalah. Bahkan kala itu, istilah Plug and Play sering diplesetkan menjadi Plug and Pray, karena merujuk pada tidak dikenalinya perangkat setelah dihubungkan ke komputer.

Games

Perubahan sistem operasi dari DOS ke Windows 3.1 dan berlanjut ke Windows 95, turut merubah para pengembang game dalam menghadirkan produk unggulan mereka. Dengan Windows 95, Microsoft mengembangkan sebuah teknologi yang disebut DirectX guna menghadirkan tampilan grafis game yang lebih menarik.

Tampilan desktop
Windows 95 memungkinkan pengguna untuk memasang tampilan gambar pada desktop sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu feature Windows 95 yaitu menampilkan pilihan profil secara terpisah. Meski saat itu belum hadir secara sempurna, tampilan desktop yang bisa diubah sesuai tema merupakan cikal bakal dalam menjadikan tampilan Windows menjadi lebih menarik dan kreatif.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu