Kamis, 07 Januari 2016

Alasan Untuk Tidak Memilih Laptop/ Netbook Ukuran Kecil

Bagi sebagian besar orang mengidamkan laptop atau netbook dengan bentuk mungil supaya bisa dibawa kemana-kemana dengan mengesampingkan perfoma. Sehingga ketika membeli laptop memutuskan mengambil yang 10 inch, 11 inc, dan atau 12 inch. Padahal menggunakan laptop dengan layar monitor di bawah 13 inch cukup menyiksa mata, tulisannya terlalu kecil hehe.

Alasan Untuk Tidak Memilih Laptop/ Netbook Ukuran Kecil

Percaya tidak percaya laptop dengan ukuran layar kecil kinerjanya di bawah laptop layar besar meskipun menggunakan prosesor dan RAM yang sama. Admin Teknovirtual sempat membandingkan banyak laptop dengan layar kecil dan besar, pasti yang lelet yang kecil. Ini adalah alasan kenapa tidak memilih laptop ukuran kecil, kecuali bagi Anda yang suka gaya-gaya'an sepertinya cocok dengan laptop layar kecil.

Setelah diperlajari kenapa laptop ukuran layar kecil lebih lambat dengan laptop ukuran besar? jawabannya adalah karena laptop ukuran kecil sirkulasi dan pendinginya tidak sebagus laptop ukuran besar. Laptop dengan layar 13 inch ke atas mempunyai banyak ruang kosong, sehingga penempatan komponen yang satu dengan lainnya berjauhan. Hal inilah yang menyebabkan sirkulasi udara bekerja dengan baik pada laptop ukuran besar.

Sirkulasi udara mempengaruhi suhu prosesor, harddisk, mainboard, dan komponen lainnya yang bada pada laptop. Perlu diketahui bila suhu prosesor dan harddisk terlalu panas, maka terjadi hang. Laptop menjadi lemot dan ujung-ujungya Not Responding, mouse tida dapat digerakkan. Alternatifnya dengan ShutDown pemaksaan. Semoga bermanfaat :)

The author of the blog Teknologivirtual

1 comments so far

bos, skrg sudah ada netbook yang harddisknya pake eMMc jadi ndak pake hardidisk. yg pling menyita energi n nghasikn panas konvensional kan harddisknya. klo pake eMMC dah gak kerasa panasnya. CMIIW


EmoticonEmoticon