Jumat, 08 Januari 2016

Cara Menggunakan System Restore Windows 10

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika Windows 10 error secara mendadak, yaitu dengan merestore. Windows 10 telah melengkapi fitur System Restore untuk mengembalikan Windows ke kondisi sebelum error.

Utuk menggunakan fitur ini, Anda harus membuat Restore Point sebagai backup Windows 10 dan melakukan System Restore ketika Windows 10 Anda error. Baiklah berikut ini caranya membuat Restore Point dan System Restore.

Cara Membuat Restore Point Pada Windows 10:

1. Pertama buka System Properties lalu klik System protection (A) atau Anda dapat membukanya secara cepat dengan cara buka kotak RUN (WinKey + R) lalu ketikan SystemPropertiesProtection (B).


2. Setelah system properties terbuka, secara default jika Anda sebelumnya belum mengutak-atik bagian ini, pada bagian Drive Protection statusnya adalah Off, jadi perlu diaktifkan dengan cara klik Configure. Kemudian klik lagi Turn on System protection lalu pada bagian bawah atur slide pada bagian Max Usage kira-kira 10-15% ini berguna untuk mengatur ruang yang digunakan oleh sistem untuk menyimpan restore point. Setelah selesai klik OK.

3. Kemudian pilih Create, akan muncul pop-up untuk memberikan nama/ deskripsi dari restore point tersebut, isi sesuai dengan keinginan lalu pilih Create dan proses pembuatan restore point pun akan dimulai.

Setelah selesai maka kedepannya jika Windows 10 mengalami masalah, Anda dapat kembali dengan menggunakan restore point untuk memecahkan masalah.

Cara Menggunakan System Restore Windows 10:

1. Pertama buka kotak RUN (WinKey+R) lalu ketikan SystemPropertiesProtection untuk membuka System protection properties

2. Setelah terbuka pilih System Restore… untuk membuka Wizard system restore

3. Lalu untuk wizard pertama, klik next untuk melanjutkan proses

4. Kemudian pilih Restore point yang akan kita gunakan untuk restore. Anda dapat klik Scan for affected programs untuk mengetahui, apa saja yang akan ter-restore kembali dan yang akan hilang ketika system restore dilakukan. Jika sudah pilih Next.

5. Setelah itu akan muncuk konfirmasi terakhir sebelum system restore dilakukan pilih Finish untuk memulai proses. dan erlu diketahui bahwa proses system restore tidak bisa dibatalkan hingga prosesnya selesai, jadi sebelum melakukannya pastikan sudah menyimpan semua pekerjaan yang Anda lakukan.

6. Kemudian sistem akan merestart dan proses pun dimulai, lama tidaknya tergantung dari besar kecilnya perubahan antara keadaan sistem yang sekarang dengan yang ada di sistem restore.

7. Setelah selesai, maka sistem akan login kembali dan muncul pop up yang menyatakan bahwa proses system restore telah berhasil.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon