Jumat, 25 Maret 2016

4G LTE Aja Belum Rata, di Inggris Suda 5G

Kalau masalah teknologi internet, Indonesia bisa dibilang paling telat. 4G LTE saja hanya dimiliki beberapa operator jaringan dan belum rata. Sinyal 4G LTE hanya bisa dinikmati di kota-kota besar sedangkan di desa tidak ada jaringan 4G LTE.

Makin parah lagi di Asia Tenggara, Indonesia menempati juru kunci negara dengan akses internet paling lelet. Sebenarnya Google peduli dengan akses internet Indonesia dengan menawarkan kerja sama balon Google. Nantinya balon tersebut terbang di atas wilayah Nusantara dan memancarkan sinyal internet. Tujuannya pemerataan internet di daerah terpencil seperti Indonesia Timur.


Ketika Indonesia masih bereuforia dengan 4G LTE, Inggris sudah melakukan lompatan jauh untuk mewujudkan jaringan 5G pada tahun depan. George Osborne (Wakil Perdana Menteri Inggris) mengatakan Inggris akan menjadi negara pertama yang memiliki jaringan 5G pada 2017. Saat ini, Pemerintah Inggris sedang mempersiapkan strategi broadband 5G pada tahun depan.

Inggris akan menikmati 5G tahun depan dan menjadikan Inggris sebagai pemimpin dunia dalam teknologi, katanya seperti dikutip dari IT Pro. Pemerintah Inggris akan mempercepat skema peluncuran broadband 5G dengan menggelontorkan dana hibah senilai GBP 14,5 juta atau sekitar Rp300 miliar untuk memperluas cakupan 5G di wilayah Inggris Selatan dan Barat. Dana investasi broadband berasal dari perusahaan teknologi dengan investor swasta.

Saya tidak bisa menunggu jaringan 5G sampai 2020. Pemerintah akan menekankan pentingnya spektrum seluler pada anggaran tahun 2016, ujarnya. Julian David (CEO, TechUK) mengatakan pengembangan tren mobile terbaru akan mengarah kepada jaringan 5G. Jaringan 5G akan memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan konektivitas jaringan di masa depan. Inggris memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin dunia dalam pengembangan 5G. Saya yakin komunitas teknologi akan tertarik untuk bergabung dengan Komisi Infrastruktur Nasional, tutupnya.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon