Teknologi dan Komputer

5 Cara Menguatkan Jaringan 3G dan HDSPA

Teknologi Virtual

Istilah 3G, HDSPA, dan yang tebaru 4G LTE adalah tingkat kecepatan akses internet dari operator GSM. Yang termasuk GSM adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Axis, dan 3 (Tri). Bila device/ gadget lemah menangkap sinyal 3G dan HDSPA, ikuti 5 tips yang diberikan Teknologi Virtual. Sebelum tahap pembahasan cara memperkuat sinyal 3G dan HDSPA sebaiknya Anda paham dulu pengetian dari istilah tersebut.

5 Cara Memperkuat Jaringan 3G dan HDSPA

3G (Third Generation Technology)
Third Generation Technology atau W-CDMA/UMTS adalah generai ketiga dari perkembangan teknologi nirkabel. Jika di CDMA 3G sebanding dengan EVDO (Evolution-Data Optimized). 3G memiliki fasilitas setingkat lebih tinggi dari EDGE. Dimana jika jaringan EDGE kita hanya bisa  browsing, e-mail, mms, dan browsing. Layanan 3G juga memiliki fasilitas video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses 3G sekitar 480kbps.

HSDPA
High-Speed Downlink Packet Access adalah perkembangan 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 G. Karena HSDPA masih berjalan pada platfrom 3G. Secara teori memberikan layanan suara, video, maupun akses dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps atau 9 kali lebih cepat dari layanan 3G umumnya. Kontennya sendiri tidak jauh berbeda dengan konten dari teknologi 3G yang sudah ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia yaitu video call, mobile video, mobile TV, serta video content. Perbedaannya adalah 3.5G menyuguhkan gambar yang lebih tajam dari gambar yang ditawarkan oleh 3G.

4G LTE
fourth-generation technology atau sering disebut LTE Advanced merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "10G and beyond". Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Operator 4G pertama di Indonesia adalah Sitra WiMAX.

Bila diperhatikan memang banyak sekali penyebab sinyal di sekitar Anda menjadi buruk atau memang sangat buruk, mulai dari gedung tinggi hingga padatnya pengguna smartphone di daerah tersebut. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Teknologi Virtual bakal jabarkan semua, bagaimana solusi untuk mendapatkan sinyal 3G atau HSDPA yang kuat meskipun dalam kondisi darurat sekalipun.

5 Cara Menguatkan Jaringan 3G dan HDSPA:

1. Carilah Tempat Terbuka
Solusi utama ini bisa Anda lakukan dimanapun, tempat terbuka bisa menjadi solusi Anda yang sedang dalam keadaan darurat sinyal. Karena tempat terbuka Anda bisa mendapatkan sinyal 3G atau HSPDA secara lancar, tetapi jangan ke tempat terbuka dalam keadaan sedang hujan.

2. Restart Smartphone
Bisa dibilang ini cara klasik untuk mengembalikan sinyal 3G atau HSPDA Anda yang hilang. Dengan me-restart smartphone, secara otomatis smartphone akan mencari sinyal lagi. Cara ini terbukti cukup ampuh dalam mengembalikan sinyal yang hilang atau lemah.

3. Jangan Biarkan Baterai Lemah
Ternyata baterai lemah juga bisa menjadi penyebab sinyal smartphone Anda menjadi lemah, alhasil kehilangan sinyal. Hal ini disebabkan karena smartphone membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk mencari sinyal BTS terdekat.

4. Buka Kaca Mobil Sedikit
Jika Anda kehilangan sinyal pada saat berkendara mobil, cobalah untuk menurunkan setiap kaca dan tempatkan smartphone sedikit di luar agar terkena udara yang lewat dalam cela kaca. Dengan begitu sinyal akan mudah masuk.

5. Gunakan Signal Booster
Cara terakahir mungkin bisa menjadi senjata pamungkas yang handal, yakni dengan menggunakan aplikasi Mobile Network Signal, aplikasi ini akan secara otomatis membantu membantu memperkuat jaringan 3G HDSPA.

Download Mobile Network Signal.apk

5 cara diatas mungkin sudah pernah Anda lakukan, namun adakalanya belum maksimal, oleh sebab itu Teknologi Virtual lengkapi dengan tips yang ke lima, dimana Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi tersebut. Siap untuk mencoba? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari sinyal 3D atau HSPDA yang lemah.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu