Teknologi dan Komputer

Keunggulan Teknologi Cloud Hybrid

Teknologi Virtual

Teknologi Cloud Hybrid memang sudah terdengar sejak tahun lalu. Tapi banyak pakar cloud computing yang meramalkan kalau teknologi ini baru akan benar-benar berjalan di tahun 2016. Salah satu alasannya karena semakin banyak yang bermigrasi menggunakan cloud computing dan rasa khawatir mereka akan keamanan data yang tersimpan pada layanan cloud.

Hybrid berarti menggabungkan dua hal yang berlawanan. Hybrid cloud berarti teknologi yang mengkombinasikan public cloud dengan private cloud. Cloud computing dikatakan hybrid cloud paling tidak dibutuhkan satu private cloud dan satu public cloud. Kedua cloud ini harus bekerja secara terpisah dan mandiri tetapi rehubung melalui jalur komunikasi yang terenkripsi hingga data bisa berpindah secara aman.


Teknologi ini memungkinkan pengguna menyimpan data perusahaan yang tidak sensitif di public cloud seperti onedrive dan data sensitif seperti data percobaan produk terbaru di private cloud. Manfaat yang paling jelas terlihat dari penerapan teknologi ini adalah pengguna bisa memiliki infrastruktur sendiri tanpa bergantung pada infrastruktur pihak ketiga. Serta meminimalisir akses yang akan terganggu ketika koneksi internet sedang tidak bersahabat atau infrastruktur mengalami kerusakan.

Dalam mengimplementasikan teknologi hybrid cloud ada tiga faktor yang harus menjadi perhatian utama, yaitu:

1. Keamanan
Faktor yang paling penting dan harus ada dalam penerapan cloud computing adalah menerapkan keamanan terbaik dalam memilih public cloud dan enkripsi data pada saat data melakukan transit serta kejelasan siapa yang berhak mengakses data yang tersimpan di sana.

2. Konektivitas
Hubungan yang stabil sekaligus mempercepat akses data dan meningkatkan keamanan adalah suatu keharusan. Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan akess VPN untuk menyediakan isolasi IPSec dan enkripsi. Selain itu menggunakan koneksi WAN untuk menghubungkan langsung public dan private cloud juga bisa menjadi solusi.

3. Portabilitas
Setelah faktor keamanan dan konektivitas faktor selanjutnya yang harus dipikirkan adalah portabilitas antara kedua cloud. Mengatur portabilitas ini memang menyita banyak waktu dan tenaga tetapi akan memberikan manfaat luar baisa bagi perusahaan yang menggunakan teknologi hybrid ini. Jangan lupa, kemampuan untuk memindahkan dan mengalihkan data dari public ke private cloud dan sebaliknya adalah fungsi atau nilai utama dari teknologi hybrid cloud ini.

Teknologi cloud hybrid ini terdengar sederhana. Hanya sebatas memindahkan data antar cloud. Tapi bagi pengguna cloud computing, ini adalah sebuah teknologi terobosan. Cloud computing adalah teknologi yang masih akan terus berkembang. Segera bermigrasi menggunakan cloud computing sebelum terlambat.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu