Sabtu, 12 Maret 2016

Mengenal 12 Komponen Dasar Komputer Dekstop

Komputer adalah sebuah perangkat yang terbentuk dari beberapa komponen (hardware). Komputer dapat dijalankan bila telah dipasang software dan driver hardware. Dengan begitu komputer dapat menjalankan perintah yang diberikan manusia.

Komponen dasar adalah komponen utama yang sifatnya wajib dan harus ada dalam merakit komputer. Bagi Anda yang ingin belajar komputer, mengetahui 12 komponen dasar komputer hukumnya wajib. Baiklah berikut ini 12 komponen dasar komputer.

Mengenal 12 Komponen Dasar Komputer Dekstop:

1. Mainboard/ Mother Board


Mainboard berfungsi sebagai mesin utama yang menghubungkan semua komponen agar saling berkomunikasi. Disini ditancapak Prosesor, RAM, Kartu-kartu tambahan, Kabel-kabel untuk Hardisk, DVD Rom Drive, USB Eksternal, termasuk tempat colokkan kabel dari Power Supply. Motherboard dibedakan berdasarkan jenis Prosesor, jenis RAM dan ada beberapa pada jenis kabel Hardisk. Maksudnya adalah, pemilihan Mainboard harus sesuai dengan jenis Prosesor dan jenis RAM/  perangkat yang didukung.

2. Prosesor

Prosesor merupakan otak komputer/ CPU, berfungis Unit Proses Utama. Sesuaikan Prosesor dengan Mainboard saat anda mau merakit/ meng-upgrade komputer. ada 2 merk yang terkenal yaitu Intel dan AMD, masing-masing memiliki kelebihan, terserah anda mau gunakan yang mana yang penting sesuaikan dengan Mainboard dan dana dikantong.

3. RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat penyimpanan sementara sebelum diteruskan ke Harddisk. Jenisnya banyak SDRAM, DDR 1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Sesuaikan dengan perangkat Mainboard Anda.

4. Kipas Prosesor/ HSF

Perlu diketahui prosesor cepat panas ketika komputer dihidupkan, untuk itu pemilihan kipas prosesor dapat menentukan keawetan dari prosesor itu sendiri. Disarankan bagi pengguna Core i3, i5, dan i7 jangan menggunakan HSF bawaan, sebaiknya gunakan HSF pihak ketiga yang terbukti ampuh menurunkan temperatur prosesor.

5. Power Suply

Power Supply, berfungsi sebagai Catu Daya/Pemberi Daya kepada Mainboard, Harddisk, DVD Rom Drive, VGA Card Profesional. Semakin tinggi Real Powernya maka semakin bagus dan tentunya semakin mahal, penggunaan Power Supply tergantung perangkat Mainboar dan VGA Card anda, jika spesifikasinya tinggi maka mau tidak mau anda wajib pakai Power Supply tingkat tinggi.

6. Harddisk/ HDD

Harddisk, tempat penyimpanan data, ada beberapa jenis Slot, Slot IDE (sekarang produk yang baru tidak ada lagi, yang beredar produk lama dan 2nd ), Slot SATA dll. Dalam bentuknya ada yang jenis Piringan dan ada jenis SSD ( harga masih mahal, tapi kinerja mengagumkan).

7. Optical Drive/ DVD ROM

Optical Driver, sebagai contoh yang banyak digunakan sekarang adalah DVD RW, fungsi untuk membaca kepingan CD, DVD, bisa menyimpan data di CD, DVD, dan juga berkemampuan menghapus data pada CD/ DVD ( jika digunakan kepingan CD/ DVD RW )

8. Graphic Card/ VGA Card

Video Card, Ini adalah perangkat tambahan untuk mengolah Grafis, biasanya untuk mendapatkan tingkat grafis lebih tinggi dari bawaan mainboard yang menyediakan Internal Grafis. Untuk saat ini, kebanyakan Grapik Card menggunakan Slot PCI Express, meski masih ada yang menggunakan Slot AGP, PCI-X. Sesuaikan dengan Slot VGA Card Mainboard anda.

9. Monitor/ LCD/ LED

Monitor, sebagai alat penampil grafik dari alat proses CPU. Saat ini banyak tersedia dalam jenis LED, ada yang menggunakan Layar Sentuh.

10. Keyboard

Keyboard berfungsi sebagai alat input data, jenisnya ada PS2 (sudah jarang yang pakai), USB dan Wireless.

11. Mouse

Mouse, berfungsi untuk menggerakkan cursor dan mengklik data-data yang kita inginkan, jenisnya sama seperti Keyboard

12. Casing

Casing Komputer, berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan komponen utama PC, seperti Mainboard, Power Supply, DVD ROM Drive, dll. Casing dibedakan menurut Form Factor ini mengacu kepada bentuk dan ukuran Mainboard dan posisi komponen lainnya.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon