Teknologi dan Komputer

Mengenal 16 Mesin Pencari Yang Ada di Dunia Internet

Teknologi Virtual

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah alat penelusuran untuk menelusuri keyword (kata kunci) yang ingin dicari. Mungkin Anda hanya mengenal beberapa mesin pencari seperti Google.com, Yahoo.com, dan Bing.com. Namun selain ke-3 mesin mencari yang disebutkan tadi ternyata masih banyak lagi. Setidaknya ada 16 search engine yang masih aktif dan bisa digunakan sampai saat ini.

Anda bisa mencoba beberapa mesin pencari yang dijabarkan berikut ini, ya hitung-hitung mancari pengalaman baru menggunakan mesin pencari lain. Anda juga bisa membandingkan diantara ke-16 mesin pencari tersebut manakah yang paling akurat? baiklan berikut ini 16 mesin pencari yang ada di dunia maya dan aktif sampai saat ini.

16 Mesin Pencari Yang Ada Sampai Saat Ini

1. Google (http://www.google.com)


Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.

Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

2. Yahoo (http://www.yahoo.com)

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

3. Bing (http://www.bing.com)

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai mesin pengambil keputusan/decision engine) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.

Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai Tiger ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.

4. Duckduckbot (https://duckduckgo.com)

Merupakan mesin pencari secara anonim yang dibuat oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008. yakni memiliki kelebihan yang tidak kalah hebat dari mesin pencari lainnya. Seperti pencarian yang lebih baik dan kurangnya redundansi atau pengulangan serta memiliki iklan yang sedikit, namun kelebihan utama yang ditekankan adalah menghargai privasi penggunanya, dengan begitu kamu akan lebih nyaman menggunakan mesin pencari ini.

5. Starpage (https://startpage.com)

Tepatnya 2005 mesin pencari ini diluncurkan. Startpage adalah mesin pencari anonim yang wajib kamu pertimbangkan jika kamu tidak suka informasi pribadimu dicatat secara online. Perusahaan ini mulai menghapus file log yang diadakan informasi pribadi pada awal 2006. bahkan sebelum 2009 mereka berhenti merekam alamat IP dari para penggunanya. Kamu bisa memanfaatkan Ixquick server proxy Startpage untuk menggunakan internet secara anonim.


6. Web Crawler (https://www.webcrawler.com)

Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.

Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia membaca teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.

7. Yandek (https://www.yandex.com)

Walaupun Yandex.com baru saja dirilis secara beta di tahun 2010 namun sebenarnya Yandex sendiri sebagai perusahaan Internet Rusia telah menjadi raja di negaranya dalam hal mesin pencari. Hal itu dicapai mereka dengan Yandex.ru yang adalah mesin pencari nomor 1 di Rusia.

Salah satu alasan mengapa mesin pencari ini dapat popular adalah karena ia menawarkan kesempatan bagi orang-orang untuk melakukan pencarian halaman dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan bahasa Eropa lainnya. Dalam update terakhir mereka, mereka menyatakan bahwa tidak akan ada lagi klik yang tidak berguna dan mereka akan menawarkan mesin pencari yang sekedar mencari namun juga menyelesaikan masalah.

8. Dogpile (http://www.dogpile.com)

Dogpile.com adalah salah satu mesin pencari paling popular di Internet. Bermula di tahun 1996, Dogpile pernah menjadi salah satu mesin pencari popular di Internet sebelum kemunculan Google. Sayangnya begitu Si Raja Mesin Pencari muncul, dogpile harus mengalami kemerosotan dan akhirnya diakuisisi oleh Go2net.  Sekarang ini Dogpile dikatakan kembali dengan indexing yang lebih baik dimana ia menggabungkan berbagai pencarian dari mesin pencari dunia yang akan Anda lihat di daftar ini. Seperti Google, Yahoo!, Yandex, Ask, Bing, dan banyak lainnya.

9. Looksmart (http://www.looksmart.com)

Looksmart adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.

Looksmart adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart  melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol Jaringan.

10. Excite (http://www.excite.com)

Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut Today on Excite walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas chatting, business news, sport news dan lain-lain.

11. Gigablast (http://www.gigablast.com)

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).

12. Aol (http://www.aol.com)

AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline. Pada tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan.

Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO. Pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.

13. Ask (http://www.ask.com)

Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana Jeeves adalah nama gentleman pribadi pria ini, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG. Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.

Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan. Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.

14. Joeant (http://www.joeant.com)

Joeant menawarkan direktori edited manusia untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.

15. Lycos (http://www.lycos.com)

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

16. Mamma (http://www.mamma.com)

Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu