Sabtu, 12 Maret 2016

Sejarah Asal Usul Tombol Start Menu Windows (Lengkap)

Tombol Start Menu yang ada dipojok kiri bawah pada sistem operasi Windows sudah tidak asing lagi bagi para penggunanya. Namun, pasti tidak banyak yang mengetahui sebenarnya Tombol Start Menu memiliki sejarah yang panjang dan dimulai sejak pertama muncul di tahun 1995. Meski ditiadakan pada seri Windows 8, akhirnya Microsoft menghadirkan kembali tombol start menu tradisional pada Windows 10.

Sejalan dengan perbaharuan sistem operasi Windows, Microsoft ikut melakukan perubahan kecil pada ikon Start Menu-nya. Ini dia rangkuman berbagai perubahan Start Menu mulai dari Windows 95 sampai Windows 10. Berikut adalah ulasannya.

1. Awal Start Menu di Sistem Operasi Kode Nama Chicago


Tombol dan Start menu Windows digunakan pertama kali sebagai percobaan pada sistem operasi dengan kode nama Chicago. Ikon start menu Windows Chicago yang terlihat cukup jadul ini terdiri dari 3 tombol berbeda yaitu:
1. Ikon jendela Windows berfungsi untuk melakukan perintah dasar Windows
2. Ikon kaca pembesar berfungsi untuk menemukan aplikasi atau file-file tertentu
3. Ikon tanda tanya dan informasi berisi tips-tips dasar serta about dari Chicago.

2. Windows 95

Setelah melakukan percobaan lewat Chicago, Microsoft secara resmi menggunakan Start Menu pada sistem operasi Windows 95. Sejarah Start Menu pun dimulai. Sejak awalnya, tombol Start Menu sudah dipergunakan untuk mengakses berbagai menu yang tersedia serta aplikasi, masuk ke sistem pengaturan komputer, dan termasuk juga untuk mematikan komputer. Bagaimana? Apakah anda pernah mengoperasikan kompi tua.

3. Windows 98-2000

Era Windows 98 merupakan era baru bagi Windows. Perubahan besar dilakukan pada Windows 98 dengan dimulainya fungsi Taskbar di sisi bawah layar. Dan Windows 98 merupakan era awal mengaktifkan fitur multi user di Windows. Meski logonya masih sama dengan logo Start Menu Windows 95 tapi ada penambahan fitur yakni adanya fungsi Log Off. Fungsinya adalah agar pengguna Windows 98 hingga Windows 2000 dapat melakukan aktivitas multi user.

4. Windows XP

Pada Wndows XP logo start menu dirubah habis-habisan dan hasilnya desain logo start menu sangat berbeda dari Windows sebelumnya. Windows XP menghadirkan Start Menu dengan lebih cerah dan elegan dengan dominasi warna hijau dan biru. Selain itu perubahan bukan hanya pada Start Menu saja, dominasi warna hijau pun ikut hadir di Taskbar dan pada tema tampilan default-nya.

Secara keseluruhan, tampilan Windows XP juga berbeda pada start menu yang tampil. Windows 95 hingga Windows 2000 hanya ditampilkan satu bagian menu utama, sedang di Windows XP sudah menggunakan dua bagian menu utama. Pada menu ini para pengguna bisa mengakses Quick Menu menuju pengaturan, dokumen dan lainnya; serta satu bagian menu untuk masuk ke aplikasi yang ditandai.

5. Windows Vista

Seiring perkembangan sistem operasi, Microsoft memperkenalkan Windows Vista. Disini Microsoft melakukan perombakan sederhan pada Start menu. Microsoft menghadirkan tampilan Start Menu dengan desain minimalis berbentuk bulat dengan background gelap tanpa tulisan "Start".

Selain itu Start Menu pada Windows Vista juga terdapat fungsi baru. Di Windows Vista inilah Microsoft pertama sekali menghadirkan fitur Search. Cukup dengan klik Start menu, pengguna bisa langsung mencari semua aplikasi dan file yang ada di komputer. Tambahan lagi Microsoft juga menghadirkan tampilan Log Off dan Sign Out dalam bentuk ikon.

6. Windows 7

Tidak banyak berubah pada Windows 7 cuma terlihat lebih cerah serta beberapa perbaikan dari sisi transformasi ketika membuka aplikasi dan akses pada menu Sign Out sudah diperbaharui. Tombol Start Windows 7 lebih elegan dengan aero yang terpasang pada taskbar Windows.

7. Windows 8

Microsoft menghapus keberadaan tombol Start Menu pada tahun 2012 saat diperkenalkan Windows 8. Jadi kira-kira 17 tahun setelah start menu digunakan. Microsoft merombak total tampilan sistem operasi Windows dengan tampilan yang disebut Metro UI yang menampilkan tiles aplikasi. Microsoft bertujuan agar pengguna akan lebih mudah untuk mengakses berbagai aplikasi lewat tampilan tiles yang lebih besar. Disinilah dikenal istilah Start Screen.

Ternyata jauh dari harapan Microsoft hal tersebut justru menjadi masalah. Karena pada dasarnya tile-tile pada Microsoft 8 ini bertujuan untuk memaksimalkan pengguna layar sentuh, nah, bagi pengguna menggunakan layar biasa menjadi sedikit repot

8. Windows 8.1

Seiring banyaknya pengguna Windows yang mengharapkan kembalinya Start Menu di Windows 8, akhirnya Microsoft kembali menghadirkan Start Menu pada Windows 8.1 namun tetap mengusung tampilan Start Screen-nya. Meski Start Menu kembali hadir di Windows 8.1, namun fungsinya tidak sama seperti pada Windows 7 yang memberikan akses cepat ke berbagai aplikasi favorit dan pengaturan lainnya. Start Menu pada Windows 8.1 bisa digunakan untuk mencari fungsi Shut Down dan Log Off. Dan lagipula peletakan Start Menu yang tersembunyi di pojok kiri bawah membuat banyak pengguna tidak menyadarinya.

9. Windows 10

Pengembangan sistem operasi yang dilakukan Microsoft melahirkan Windows 10, dan ini menjadi loncatan besar oleh Microsoft. Tanpa menghadirkan Windows 9 yang seharusnya diluncurkan, Microsoft mengobarik kembali untuk melahirkan generasi baru yang disebut Windows 10. Pada Windows 10 banyak fitur penting dari Windows 8 dipertahankan dan dipadukan dengan tampilan lama dari Windows 7. Nah, perpaduan ini menghasilkan Windows 10 dengan rasa Start Menu khas Windows 7 yang menampilkan banyak fungsi, serta dukungan Start Screen dalam bentuk tiles ala Windows 8 sehingga memudahkan pengguna mengakses beragam aplikasi favorit.

Yang paling menarik di Windows 10 selain dari pada kombinasi Start Menu dan Start Screen, transformasi logo Start Menu yang dihadirkan lebih besar dan membawa banyak fungsi intuitif dibanding versi sebelumnya. Di samping Start menu pengguna akan menemukan Cortana, asisten pribadi Windows 10 yang siap melayani dengan cepat.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon