Teknologi dan Komputer

Membedakan Tinta HP Asli dan Palsu

Teknologi Virtual

Perhelatan besar HP yang diadakan di Ballroom Hotel Sheraton Cotai Central, Macau pada tanggal 6 dan 7 April 2016 lalu memang sudah selesai. Akan tetapi, masih banyak informasi yang dapat disampaikan. Salah satunya adalah hal yang sering ditemukan di Indonesia, yaitu permasalahan tinta asli atau palsu.

Topik tinta asli dan tinta palsu ternyata sudah menjadi sebuah perhatian khusus dari HP dari waktu ke waktu. Dan sampai saat ini, selain orang dari lab HP Inc, belum pernah ada yang tahu apa perbedaannya. Seorang Inkologis dari HP, Thom Brown, pun memberitahukan perbedaan antara tinta asli dan palsu.


Yang pertama adalah tinta asli akan memberikan warna yang lebih tajam dibandingkan dengan yang palsu. Hal tersebut pun berlaku saat pencetakan gambar berada pada profile terbaik atau best. Apalagi saat pencetakan dilakukan di atas kertas biasa.

Yang kedua adalah reaksi kimianya. Hal unik yang membuat warna pencetakan tinta printer HP asli karena saat tinta hitam yang terbuat dari pigmen terkena tinta warna yang terbuat dari dye ternyata akan bercampur. Tinta palsu ternyata tidak dapat bercampur antara satu warna dengan warna lainnya. Inilah yang membuat hasil pencetakan tinta palsu lebih pudar dari yang asli.

Yang ketiga adalah ketahanannya. HP menjamin bahwa tinta asli mereka akan bertahan sangat lama pada sebuah kertas dalam kondisi tertentu. Thom pun mengatakan bahwa sebuah cetakan dapat bertahan sampai hampir 100 tahun! Hal yang tidak mungkin dapat dicapai dengan mencetak dokumen atau gambar dengan sebuah tinta palsu.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu