Teknologi dan Komputer

Fungsi Google Spaces dan Cara Penggunaannya

Teknologi Virtual

Google Spaces mungkin masih asing di telingan Anda, ya memang ini merupakan produk terbaru dari Googole yang diperkenalkan menjelang konfensi developer IO pada bulan Mei 2016. Aplikasi Google Spaces tersedia untuk pengguna komputer dekstop dan mobile Android.

Lalu apa fungsi dari Google Spaces itu? Google Spaces adalah sebuah layanan berbagai fasilitas untuk saling berbagi aneka konten dengan mudah tanpa harus keluar dari aplikasi ataupun melakukan copy-paste dari aplikasi lain. Ini karena Spaces sudah dilengkapi dengan Google Search, YouTube, dan peramban Chrome terintegrasi.


Di Google Spaces, para pengguna akun Gmail bisa berkumpul dalam satu grup (setelah diundang) dan langsung mulai bercakap-cakap tentang sebarang topik dan berbagi tautan, artikel, video, image dan lain-lain. Anda tidak perlu keluar aplikasi. Sebab Google sudah membenamkan layanan inti seperti Google Search, Chrome, dan YouTube.

Jika ada teman grup yang berbagi sesuatu yang baru, maka Anda bisa melihat apa yang sedang dibicarakan seluruh grup di conversational view. Jika mau menemukan apa yang sudah dibagi (shared) sebelumnya, Anda bisa melakukan pencarian cepat di Spaces.


Cara Menggunakan Google Spaces Komputer
1. Buka https://spaces.google.com di browser (desktop atau mobile)
Saat pertama kali membuka Spaces di web, Anda harus memilih/ masuk ke akun Gmail
2. Akan muncul layar utama yang memungkinkan Anda membuat sebuah space. Klik Space untuk memulai sebuah topik
3. Akan hadir layar untuk membuat space. Klik bidang Untitled Space dan ketikkan nama untuk space-Anda
4. Setelah selesai, klik tautan Invite Via di bawah nama space untuk mengundang orang lain ke space yang baru Anda buat
5. Anda akan melihat bidang Post dengan tiga tombol: link (menambahkan tautan; juga bisa mengakses ekstensi Chrome), image (camera roll-Anda), quote (menulis posting). Pilih opsi tersebut untuk membuat dan men-share space baru jangan lupa mengklik tombol Post. Apa pun yang Anda share ke orang lain akan muncul di  conversational view di bawah bidang Post
6. Untuk melihat semua spaces yang Anda ikuti atau buat, klik tombol Spaces di menu bar atas
7. Untuk mencari spaces-Anda, klik Spaces di menu bar atas. Spaces hub akan muncul, dengan field pencarian di bagian atas. Ketikkan kata kunci atau frasa untuk mulai mencari semua spaces-Anda. Ketika ada orang yang berkontribusi ke space yang Anda buat atau Anda ikuti, Anda akan menerima pemberitahuan di Activity center, yang bisa Anda akses dari menu bar utama (klik Spaces di menu bar atas). Activity Center akan muncul di sisi kanan Spaces hub-Anda. Menu slide-out di kiri juga punya tautan ke Spaces hub-Anda, fungsi search built-in, Settings, dan unduhan app.


Cara Menggunakan Google Spaces for Android
1. Unduh dan buka Spaces for iOS atau Android
2. Waktu buka Spaces untuk pertama kali, Anda harus memilih/ sign ke akun Gmail (atau mungkin Anda sudah melakukannya)
3. Akan muncul layar yang memungkinkan Anda membuat sebuah space. Tap Create a Space untuk memulai satu topik
4. Anda akan menghadapi layar dengan space-Anda. Tap bidang Untitled Space dan masukkan nama untuk space-Anda
5. Setelah selesai, tap tautan Invite Via di bawah nama space-Anda untuk mengundang orang lain bergabung ke space yang baru Anda buat
6. Saat di layar untuk space baru, tap tombol Post di bagian bawah untuk membuat posting pertama
7. Pada layar Post, Anda akan melihat empat tombol di bagian bawah: link (Google Search), video (YouTube), image (camera roll), quote (menulis posting). Pilih yang mau Anda lakukan.
8. Pastikan men-tap tombol Post untuk berbagi sesuatu
9. Begitu Anda men-share sebuah posting, tap pada  post di space-Anda untuk melihatnya di conversational view dan mungkin mengomentarinya. Kalau mau menghapus posting, tap simbol […] di atasnya saat Anda berada di layar Space
10. Pada layar Conversational view, Anda akan melihat lima tombol di bagian bawah: quote (menuliskan komentar), link (Google Search) image (camera roll), camera (memotret atau merekam video), sticker (mengirim stiker). Pilih salah satu untuk mengisi space-Anda lagi.  Ketika ada orang yang berkontribusi ke space yang Anda buat atau Anda ikuti, Anda akan menerima pemberitahuan di Activity center, yang bisa Anda akses dari menu bar utama (biasanya ada  di dasar layar app)
11. Untuk melihat space apa saja yang Anda ikuti atau bikin, tap opsi Spaces di menu bar utama. Untuk membukanya, tap pada namanya. Anda juga bisa membuat space baru dari layar ini
12. Untuk mencari space-Anda, tap Spaces di menu bar utama. Hub Spaces-Anda akan muncul, dengan field pencarian di bagian atas. Masukkan kata kunci atau kalimat untuk mulai mencari semua spaces-Anda
13. Untuk mengakses Settings, tap simbol tiga-titik di kanan atas hub Spaces
14. Untuk mengelola akun Gmail mana yang Anda pakai dengan Spaces, tap gambar profil Anda dari sebarang layar, seperti Spaces hub.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu