Teknologi dan Komputer

Mengenal 3 Jenis SIMCARD Untuk Ponsel Anda

Teknologi Virtual

SIMCARD atau katu nomor telpon adalah bagian terpenting dari sebuah ponsel. Dengan Simcard inilah kita dapat terhubung dengan teman, sudara, dan rekan bisinis. Simcard juga dapat menghubungkan kita dengan dunia maya (internet) dengan paket internet yang ditawarkan oleh provider.

SIM adalah singatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module. Simcard berarti sebuah kartu yang memiliki nomor identitas unik yang digunakan pada telephone bergerak (mobile phone) pada jaringan seluler.


Simcard mampu menyimpan nomor telpon, melakukan panggilan dan menerima SMS, asalkan ada pulsa hehe. Baiklah kembali seperti judul di atas, Mengenal 3 Jenis Simcard Untuk Ponsel Anda, artinya ada 3 jenis atau bentuk Simcard yang ada dipasaran sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Dulu Simcard jenisanya hanya satu yaitu Standar SIM. Namun sejak munculnya smartphone Android dan iPhone Sukuran Simcard semakin mengeceil. Yang mempelopori penggunaan ukuran Simcard kecil adalah Apple dengan iPhone. Sekarang hampir semua smartphone yang menggunakan DudalSimcard menggunakan ukuran Simcard Kecil.

Mengenal 3 Jenis SIMCARD Untuk Ponsel Anda:
1. Simcard standard (Standard Simcard)
2. Simcard mikro (Micro Simcard)
3. Simcard nano (Nano Simcard).

#1. Simcard Standard
Simcard jenis ini kadang disebut juga Simcard mini (Mini Simcard) atau Simcard reguler (Reguler Simcard). Simcard yang banyak dipakai pada handphone lawas. Beberapa smartphone dan tablet juga masih menggunakan simcard ukuran ini. Namun smartphone keluaran baru nampaknya sudah banyak yang menggunakan simcard mikro. Ukuran fisik simcard standard adalah panjang: 25mm, lebar: 15mm dan tebal:  0.76mm.

#2. Simcard Micro
Simcard jenis ini umumnya banyak digunakan pada smartphone saat ini. Ukuran fisiknya adalah panjang: 15mm, lebar: 12mm dan tebal: 0.76mm. Untuk mendapatkan simcard ukuran mikro, bisa dilakukan dengan cara memotong simcard standar. Sehingga jika kita membeli smartphone yang menggunakan simcard mikro, sementra simcard kita ukurannya standard, biasanya penjualnya membantu memotongkan simcard kita tersebut menjadi ukuran simcard mikro.

#3. Simcard Nano
Simcard jenis ini masih cukup jarang digunakan. Jenis ini merupakan jenis simcard terkecil saat ini. Ukuran fisiknya adalah panjang: 12.3mm, lebar: 8.8mm, tebal : 0.67mm. Namun sebagian produk smartphone keluaran tahun 2015 sudah menggunakan simcard nano ini. Misalkan jika anda membeli smartphone produk Apple, iPhone 5 hingga iPhone 6S, sebaiknya anda menyiapkan jenis simcard nano ini. Karena ke dua seri produk Apple ini menggunakan simcard ukuran nano. Begitu juga dengan produk smartphone Samsung terbaru, Galaxy S6 dan Galax

Berikut gambar ketiga jenis simcard

Berikut tabel perbandingan ukuran dari ketiga jenis simcard

Jenis SImcardPanjang (mm)Lebar (mm)Tebal (mm)Alias
Standard25150,76Mini Simcard, 2FF
Micro15120,763FF
Nano12,308,80,674FF

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu