Teknologi dan Komputer

RAM Dual Chanel Unggul Installed Memory Daripada Single Chanel

Teknologi Virtual

RAM adalah satu kompononen komputer yang tidak bisa dilepaskan dalam rangkain komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara ketika komputer menjalankan perintah atau program komputer. Semakin besar kapasitas RAM dapat mempecepat kinerja komputer, begitu juga sebaliknya bila RAM kecil maka komputer gampang lemot.

Maiboard/ Motherboad Komputer Dekstop dan Laptop ada yang menyediakan slot Memory RAM 1 dan 2, bahkan 4 sampai 8. Tujuannya supaya bisa menggunakan RAM lebih dari 1 keping. Nah kali ini Teknologivirtual membagikan informasi mengenai keunggulan RAM Dual Chanel daripada Single Chanel.

 RAM Dual Chanel on Mainboard

# Pebedaan RAM Single Chanel dan RAM Dual Chanel
Dari segi jumlah kepingan yang digunakan RAM dibedakan menjadi 2 macam yaitu Single Chanel dan Dual Chanel. Selain itu ada juga RAM Quad Chanel dengan harga yang jauh lebih mahal. Seperti namanya Single Chanel, RAM ini dapat bekerja menggunakan 1 keping RAM.
Dual Chanel dapat bekerja menggunakan 2 keping RAM, bila salah satu RAM dilepas maka tidak jalan. Misalnya Anda membeli RAM Corsai 8 GB yang terbagi 2 (2x4), jadi ada 2 keping RAM yang terpasang di Mainboard Komputer. Bila salah satu RAM dilepas, 1 keping RAM 4 GB tidak bekerja.

Beda bila Anda menggunakan RAM Single Chanel, misalnya Anda ingin menggunakan RAM 8 GB pada Mainboard Komputer dengan membeli RAM Single Chanel 2 keping. Masing-masing kepingan berukuran 4 GB. Nah RAM jenis ini mau dipasang 1 keping atau 2 keping tetap bisa bekerja.


Single Chanel Memory
Dual Chanel Memory

# Perfoma RAM Single Chanel dan Dual Chanel
RAM Single Chanel, Dual Chanel, dan Quad Chanel memiliki kelebihan masing-masing. RAM Single Chanel cenderung unggul dari segi pemasangan karena mau pakai 1 keping, 2 keping, 3 keping, dan 4 keping tetap dapat bekerja. Sedangkan RAM Dual Chanel dan Quad Chanel harus terpasang semuanyta, tidak bisa menggunakan 1 keping.

Dari segi perfoma RAM yang mempunyai Chanel lebih banyak lebih unggul daripada Single Chanel. Hasil ini terbukti dari jumlah Memory RAM yang digunakan. RAM Single Chanel tidak dapat menggunakan Installed Memory RAM secara penuh, sedangkan RAM Dual Chanel dan Quad Chanel Installed Memory RAM bisa penuh.

Berikut ini hasil penggunaan RAM Single Chanel dan Dual Chanel. Bila Anda menggunakan RAM Single Chanel pasti statusnya Usable, sedangkan Dual Chanel dan Quad Chanel tulisan Usable tidak ada.

 Installed Memory (RAM) Usable

Installed Memory RAM (Full)

# Lebih Baik Menggunakan RAM Dengan Chanel Lebih Banyak
Sebenarnya mau menggunakan RAM Single Chanel, Dual Chanel, dan Quad Chanel perbedaannya tidak terlalu mencolok bila komputer digunakan untuk menjalankan program ringan seperti lihat filem, membuka Microsoft Office, dan lain sebagainya.


Namun bila digunakan untuk online dengan membuka beberapa browser sekaligus, dan dalam satu browser membuka banyak tab, disinilah RAM Dual Chanel lebih unggul. Tidak ada yang namanya hang/ cras. RAM Dual Chanel dan Quad Chanel disukai oleh gamer dan desaner. Rata-rata gamer yang gila perfoma pasti menggunakan RAM Dual Chanel Daripada Single Chnael.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu