Selasa, 28 Juni 2016

Anggapan Yang Salah Tentang Wifi

Di zaman yang serba nirkabel ini semua serba cepat dan praktis. Jika dulu untuk terhubung ke internet harus menggunakan kabel, sekarang sudah ada teknologi nirkabel bernama Wifi. Jika dulu kita hanya bisa menggunakan internet di warnet, sekarang bisa menggunakannya di mana saja.

Wifi adalah suatu terobosan. Wifi telah membuat revolusi dalam penggunaan sambungan internet di dunia. Tidak perlu lagi kabel yang sangat ribet, tak perlu pergi ke warnet. Cukup bawa laptop atau smartphone lalu datang ke tempat hotspot Wifi. Anda bisa internetan ria sepuasnya.


Menurut Wikipedia Indonesia, Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Wifi ternyata menciptakan beberapa anggapan atau pemahaman keliru di masyarakat. Berikut ini anggapan yang keliru tentang Wifi:

1. Radiasi Sinyal Wifi Berbahaya
Entah mengapa, berbagai perangkat nirkabel selalu dianggap berbahaya oleh masyarakat. Wajar memang, karena sinyal nirkabel bisa menembus tubuh dan masuk ke dalam sel-sel tubuh. Meskipun begitu, masih belum ada bukti kuat akan bahaya sinyal Wifi. Jika Wifi berbahaya, tentu sudah menjadi isu di berbagai negara maju di Amerika dan Eropa sana. Penggunaan Wifi di sana sangat intens dan jika ada isu tertentu tentu saja sudah merebak ke seluruh dunia.

2. Wifi Boros Baterai
Jika Anda pikir dengan menggunakan Wifi akan membuat baterai smartphone atau laptop menjadi boros, Anda harus coba sendiri. Nyatanya, penggunaan Wifi lebih hemat jika dibandingkan dengan penggunaan koneksi seluler. Hal ini disebabkan karena jangkauan jarak pemancar Wifi yang rendah. Perangkat hanya melakukan transmisi data pada jarak beberapa meter jika menggunakan Wifi. Jika menggunakan jaringan seluler, perangkat melakukan transmisi data dengan jarak ratusan meter atau bahkan berkilo-kilo meter.

3. Sambungan Wifi Semuanya Cepat
Secara umum, tentu saja Wifi jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi seluler. Namun hal ini juga harus didukung dengan bandwidth Wifi itu sendiri. Jika memang Wifi tersebut hanya menyediakan kecepatan terbatas, ya pasti kecepatannya tidak akan secepat Wifi yang menyediakan kecepatan tinggi.

4. Wifi Semuanya Gratis
Untuk yang satu ini tentu salah kaprah. Anda mungkin memang bisa menggunakan Wifi gratis di tempat-tempat tertentu namun tentu saja ada Wifi yang berbayar. Contoh saja adalah sambungan Wifi dari operator. Anda harus membeli paket kuota tertentu agar bisa menggunakan layanan Wifi tersebut. Atau contoh lain adalah Wifi di tempat tertentu yang di mana Anda harus menjadi pelanggan jika ingin menggunakannya.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon