Minggu, 05 Juni 2016

Cara Memasang Memory RAM Dual Chanel Yang Benar

Ditijnau dari jumlah kepingan, Memory RAM dibedakan menjadi 2 macam yaitu Single Chanel dan Dual Chanel. Meskipun saat ini sudah ada yang 4 Chanel, namun penggunaanya belum banyak yang Dual Chanel.

Memory RAM Dual Chanel adalah RAM yang terdiri dari 2 keping. Bila dilepas 1 keping, maka tidak jalan. RAM Dual Chanel harus terpasang dua-duanya. Keuntungan menggunakan Memory RAM dual Chanel dibandingkan RAM Single Chanel jumlahnya 2, masih cepat Dual Chanel karena dapat bekerja sendiri secara bersamaan.

Single Chanel

 Dual Chanel

Kendala bagi mereka yang pertama kali menggunakan Memory RAM dual Chanel adalah terbaca Single Chanel di CPU-Z. Meskipun kapasitasnya sama, misalnya 8 GB tetapi tetap Single Chanel. Permasalahan tersebut bisa disebabkan dari Motherboard yang tidak suport dual Chanel dan atau pemasangan Memory RAM pada DIM/ Slot keliru.

Untuk itu Teknologivirtual membagikan tips Cara Memasang Memory RAM Dual Chanel Yang Benar. Yang perlu diperhatikan adalah DIM/ Slot tempat mentancapkan Memory RAM. Biasa warna DIM/ Slot untuk motherboard menggunakan dua warna dan satu warna. Misalnya Hitam-Biru, Hitam-Merah, Hitam-Hitam, dan Merah-Merah.

Kesalahan kenapa RAM Dual Chanel terbaca Single Chanel karena diletakkan sejajar dengan ram yang satunya. Untuk Dual Chanel RAM dipasang dengan melompati Slot seperti pada gambar berikut ini.

DIM/ Slot Memory RAM 2 Warna 

Cara Memasang Memory RAM di Slot 2 Warna tinggal menyesuaikan warnanya saja. Misalnya merah-merah

DIM/ Slot Memory RAM 1 Warna 

Cara Memasang Memory RAM di Slot 1 Warna tidak boleh sejajar berdekatan, salah satu RAM harus di pisah/ lompati

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon