Teknologi dan Komputer

Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel Jaringan

Teknologi Virtual

Cara menghubungkan komputer/ laptop dengan komputer lainnya bisa menggunakan kabel jaringan atau Wi-Fi. Namun yang dibahas kali ini menghubungkan komputer dengan LAN (Local Access Network). Biasanya penggunaan LAN diaplikasikan di komputer sekolah, kantor, warnet, dan komputer gaming.

Bila 2 komputer saling terhubung memudahkan kita melakukan transfer data, bermain game multiplayer, dan lain sebagainya. Yang dibutuhkan adalah kabel jaringan, kabel ini banyak dijumapi di toko komputer. Selain itu pastikan komputer/ laptop telah dilengkapi ethernet untuk menghubungkana kabel jaringan ke komputer lain.

Kabel jaringan/ LAN

Port Ethernet

Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel Jaringan

1. Pertama klik logo jaringan pada toolbar sebelah bawah kanan layar desktop, dan klik Open Network and Sharing Center
2. Pada halaman Network and Sharing Center, klik Local Area Connection, Properties dan double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Sekarang lakukan setting ip address pada kompuer A seperti berikut

3. Pada komputer B silahkan lakukan setting ip address dengan cara yang sama dan menggunakan ip yang berbeda. Fungsi ip address tahu sendirikan? Jika belum tahu, ip address (internet protocol address) merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang di gunakan sebagai alamat identifikasi tiap komputer dalam jaringan. Sebab itu ip address harus bersifat unik atau tidak boleh dua komputer atau lebih memiliki alamat ip yang sama

4. Untuk melakukan tes apakah kedua komputer sudah terhubung, silahkan lakukan ping melalui cmd. Caranya tekan Win + R ketik cmd tekan enter atau dari All Programs, Accessories dan klik Command Prompt. Jika command prompt sudah terbuka langsung saja ketikkan ping 192.168.0.2 dan tekan enter.

Jika ping berhasil dan ada pesan reply, artinya kedua komputer sudah terhubung dan anda sudah bisa melakukan komunikasi baik itu untuk sharing data, berbagi koneksi, berbagi resource dan lain-lainnya. Oke sekian artikel Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Kabel LAN semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar jika anda menemukan kendala ketika menghubungkan dua komputer menggunakan kabel LAN.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu