Kamis, 16 Juni 2016

Informasi Yahoo Messenger Bakal Ditutup Adalah Hoax

Dunia maya sempat dihebohkan dengan berita akan ditutupnya Yahoo Messenger (YM). Aplikasi ini dulunya sangat popular namun seiring munculnya aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, BBM, Facebook Messenger keberadaanya mulai dipertanyakan.

Sejak kemunculannya sampai saat ini sudah 18 tahun Yahoo Messenger menemai pengguna setianya. Meski begitu Yahoo Messenger tetap mempunyai pelanggan setia yaitu untuk kalangan bisnis, misalnya toko online maupun jasa hosting pasti menyertakan menu chat menggunakan YM.


Isu akan ditutupnya Yahoo Messenger mulai 5 Agustus 2016 mendatang merupakan kesalahpahaman sajaa. Memang benar Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon mengatakan "Kami tak akan lagi mendukung platform lama mulai Agustus 2016". Artinya apakah memang benar Yahoo Messenger akan dipensiunkan? ternyata tidak. Maimon menegaskan, Yahoo Messenger belum akan "pensiun". Layanan chat lawas ini hanya berpindah ke layanan baru dengan nama yang sama.

Yahoo Messenger baru tersebut masih bisa diandalkan untuk bertukar pesan. Bahkan, layanan tersebut memiliki beberapa tambahan fitur dan juga tampilan baru. Salah satu fitur barunya disebut sebagai "unsend". Menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa membatalkan pesan yang terlanjur dikirim.

Yahoo Messenger versi baru tersebut bisa diakses melalui browser dengan mengunjungi alamat messenger.yahoo.com atau membuka chatting langsung dari dalam Yahoo Mail. Aplikasi Yahoo Messenger juga bisa didapatkan dan diunduh melalui toko aplikasi Android dan iOS. Bagaimana dengan versi desktop? Yahoo menariknya tidak melupakan versi yang satu ini. Meski akan menghapus versi lawas, Yahoo bakal menghadirkan Yahoo Messenger baru versi desktop.

Artinya, dengan penghentian aplikasi Yahoo Messenger versi lawas, Yahoo ingin "memaksa" pengguna setia layanan tersebut untuk berpaling ke versi baru. "Kami akan berfokus pada Messenger yang baru untuk memberikan pengalaman terbaik ke pengguna,” tulis Maimon.

Hanya saja, saat ini aplikasi desktop Yahoo Messenger baru masih dikerjakan dan belum dirilis. "Tidak hari ini, tetapi kami sedang mengerjakan untuk membawa aplikasi desktop Yahoo Messenger baru untuk Windows dan Mac," tulis Yahoo. Jadi, jangan ucapkan selamat tinggal dulu kepada Yahoo Messenger. Pasalnya, ia masih tersedia setidaknya untuk saat ini.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon