Senin, 06 Juni 2016

Jenis-Jenis Casing Komputer Ditinjau Dari Ukuran dan Kegunaannya

Computer Cases atau Casing Komputer adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembungkus dari beberapa komponen komputer. Biasanya Casing yang bagus dijual terpisah dari Power Suply. Casing Komputer dengan fitur sirkulasi udara yang baik, dan banyaknya tempat untuk melektakkan HDD, serta adanya lobang untuk kabel dihargai cukup mahal.

Ternyata ukuran Casing Komputer yang dijual dipasaran sangat banyak. Jadi sebelum membeli Casing usahakan untuk mengetahui ukuran Motherboard Anda, kemudian Casingnya. Ditinjau dari segi ukuran dan kegunaanya, Casing Komputer dikelompokkan menjadi 7 macam.


# Jenis-Jenis Casing Komputer Ditinjau Dari Ukurannya:

1. Full Tower

Casing jenis ini adalah casing dengan ukurang terbesar diantara casing lainnya. Tingginya berukuran kira-kira 56cm. Casing ini bisa memuat semua ukuran motherboard, mulai dari Mini-ITX, Micro-ATX, ATX, sampai EATX. Casing ini biasanya digunakan untuk gamer-gamer kelas atas yang membutuhkan ruang banyak untuk menempatkan harddisk, dan lainnya.

2. Middle Tower

Casing Middle Tower jelas ukurannya lebih kecil daripada casing Full Tower. Tingginya berukuran kira-kira 46cm. Casing ini bisa memuat ukuran motherboard mulai dari Mini-ITX, Micro-ATX, sampai ATX. Casing ini yang paling umum dipakai pada komputer sekarang.

3. Mini Tower

Casing Mini Tower mempunyai tinggi kira-kira 36cm - 41cm. Casing ini hanya bisa memuat motherboard dengan ukurang Micro-ATX kebawah. Casing ini masih banyak dipakai untuk komputer rumahan atau kantoran.

4. Small Form Factor (Mini-ITX Case)

Casing Small Form Factor atau juga Casing dengan ukuran Mini-ITX. Sesuai namanya, casing ini hanya memuat motherboard ukuran Mini-ITX dan casing ini juga hanya bisa memuat power supply yang seukuran. Casing ini mungkin jarang kita jumpai, tetapi casing ini digunakan juga untuk gaming.

# Jenis-Jenis Casing Komputer Bedasarkan Kegunaannya:

5. Dekstop Case

Casing jenis ini didesain untuk komputer kantoran dan rumahan, bentuk dari Dekstop Case kotak tinggi dengan side panel kanan-kiri tertutup. Karena tujuannya untuk kerja kantoran maka desainnya juga standar.

6. Gaming Case

Gaming Case adalah casing terbaik dengan sirkulasi udara baik. Komputer gaming dengan hardware kualitas bagus pasti cepat panas bila sirkulasi udara jelek. Biasanya side panel Gaming Case transparan supaya bisa pamer jeroan komputer.

7. Server Case

Seperti namanya, casing ini memang didesain khusu untuk komputer server. Biasanya bentuknya lebar dan tipis sehingga mudah ditaruh di rak server yang bertumpuk-tumpuk.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon