Jumat, 17 Juni 2016

Teknologi Bluetooth 5 Jangkauan Luas dengan Kecepatan Tinggi

Lama tidak mengikuti perkembangan Bluetooth akhirnya teknologi yang digunakan sudah sampai Bluetooth 5. Dulunya bluetooth sangat popular sebagai media transfer data untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya. Namun semenjak munculnya Wi-fi, eksistensi Bluetooth makin meredup.

Tidak mau tergerus zaman, Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengumumkan ketersediaan teknologi konektivitas terbarunya, Bluetooth 5 pada akhir 2016 atau awal 2017 mendatang. Keunggulan Bluetooth 5 dibandingkan seri sebelumnya yaitu mempunyai kecepatan 2 kali lipat dengan jangkauan 4 kali lebih luas.


Bluetooth 5 akan mengubah pengalaman orang di era internet of things (IoT), dengan membuat peranti sekitar makin mudah terhubung, ujar Mark Powell, Executive Director of the Bluetooth SIG. Meningkatnya jangkauan operasi Bluetooth akan memungkinkan koneksi dengan produk-produk IoT yang ada di dinding rumah-rumah masa depan.

Sementara peningkatan data transfer bisa mendukung perpindahan data dan update software yang lebih cepat pula. Karena bisa memancarkan paket informasi yang lebih banyak, Bluetooth 5 akan membuat layanan pemancar, pengenal lokasi, dan koneksi nirkabel lainnya lebih relevan untuk produk-produk iOT. Saat ini, diperkirakan ada 8,2 miliar produk dengan konektivitas Bluetooth di seluruh dunia. Dengan dikenalkannya Bluetooht 5, maka teknologi itu diproyeksikan akan dipakai oleh sepertiga perangkat IoT pada 2020 mendatang.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon