Minggu, 12 Juni 2016

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kamera Bekas

Ada beberapa alasan kenapa ada orang yang memburu kamera bekas/ second dan tidak membeli kamera baru saja. Alasan utama karena kondisi keuangan, sehingga memilih membeli kamera bekas yang masih layak pakai daripada kamera baru dengan harga yang mahal.

Untuk mendapatkan kamera bekas yang bagus, Anda harus mengerti tentang kamera. Untuk itu Teknologivirtual memandu Anda cara memilih kamera bekas dengan memperhatikan ciri-ciri fisik dari kamera itu sendiri.


Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kamera Bekas:

 1.Tombol Kamera
Pastikan tombol-tombol yang ada pada kamera masih lengkap dan dapat berfungsi dengan baik.

 2. Perikasalah Flash Kamera
Untuk memeriksa fungsi flash pada kamera sebenarnya cukup mudah, biasanya tinggal tekan tombol flash maka flash akan muncul, jangan lupa untuk mencoba memotret dengan menggunakan flash kamera tersebut apakah masih berfungsi atau tidak serta cek juga hasil dari jepretannya.

3. Kondisi Body
Periksalah semua Body pada kamera tersebut, dan kenali bekas tanda pemakaian, periksalah bagian LCD, periksa juga Hotshoe Flash atau sering juga dikenal dengan flash eksternal, periksa bagian strap/tempat tali kamera apakah masih berfungsi atau sudah tidak layak. Periksa baut mur body dan perhatikan secara teliti apakah pernah sudah dibuka atau belum, karena dari situ kita dapat dengan mudah untuk di ketahui apa kamera tersebut telah di bongkar atau belum pernah.

4. AF/auto fokus Kamera
Cara mengecek auto fokus dapat dilihat dengan cara kita mencoba mengambil gambar pada object tertentu kemudian tekan sedikit pada tombol shuter (untuk memotret) maka jika AF masih berfungsi maka secara otomatis motor pada lensa akan mendetek fokus pada objek yang dituju akan tetapi jika AF mati maka motor lensa tidak akan berfungsi dan fokus tidak akan terjadi secara otomatis, bila AF mati bisa kita gunakan juga secara manual, untuk jenis kamera ini biasanya digunakan untuk kamera DSLR.

5. Kondisi Lensa Kamera
Cermati kondisi fisik lensa kamera dan kondisi karet yang ada pada lensa, kemudian apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, bisa di cek dari hasil jepretannya. Periksa juga apakah terdapat kotoran,  jamur dan debu pada lensa kamera, karena kalau kebersihan lensa akan mempengaruhi ketajaman pada gambar yang dihasiikan.

 6. Kondisi Baterai dan Slot Memoricard

Periksalah kondisi baterai, apakah masih normal atau sudah drop, jangan lupa tanyakan juga pada penjual, apakah baterai itu masih Original atau sudah diganti Third Party/palsu. Cek fungsi charge apakah baterai bisa di charge atau sudah tidak. Buka tempat atau slot baterai serta kartu memori dan periksa apakah ada kerusakan. Slot baterai bisa temukan di bagian bawah kamera, dan slot kamera kebanyakan berada di bagian sisi atau samping. Lihat dan periksa apakah ada pin yang bengkok maupun kotoran, alangkah baiknya sobat bisa memeriksa dengan mencoba langsung baterai atau kartu memori. Jika kita sudah memiliki kartu memori sebelumnya, maka pastikan cocok untuk kamera yang akan kita beli, karena beberapa model hanya bisa menggunakan kartu microsd dan tidak kompatibel dengan varian SDXC yang memiliki kapastias besar.

7. Carilah Referensi Kamera
Sebelum sobat benar-benar ingin membeli kamera bekas tersebut alangkah baiknya jika mencari informasi harga dan kamera yang akan dibeli kepada orang yang faham mengenai kamera.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon