Sabtu, 12 November 2016

7 Jenis Pelindung Layar Smatphone

Smartphone/ hape kelas premium pasti dilengkapi pelindung kaca/ layar anti gores dan pecah. Tidak menutup kemungkinan untuk kelas low end juga ada beberapa vendor yang melengkapi teknologi pelindung kaca demi kepuasan konsumen.

Layar smartphone yang telah menggunakan pelindung tidak perlu menambahkan screen guard, karena diklaim aman dari goresan. Contoh pelindung layar smartphone yang cukup familiar ditelinga kita adalag Gorilla Glass, dan Corning Concore Glass.


Yang jadi pertanyaan apakah jenis pelindung layar smartphone hanya Gorilla Glass dan Corning Concore Glass? ternyata ada banyak jenis pelindung layar smartphone yang lain dengan kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya...

7 Jenis Pelindung Layar Smatphone:

1. Gorilla Glass
Gorilla Glass melindung layar dari gangguan dari luar bahkan saat terjatuh sekalipun menjadi lebih minim kerusakan. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan manufaktur kaca bernama Corning yang berbasis di Amerika. Gorilla Glass juga sanggup menghadirkan layar dengan ukuran yang terbilang tipis, yaitu berkisar antara 0,5 mm hingga 2 mm. Meski tipis dan terasa ringan, tapi tidak mengurangi kekuatannya. Ukurannya yang tipis membuat Gorilla Glass tidak akan mengurangi respon sensitif pada layar sentuh.

Keunggulan lain dari Gorilla Glass, yaitu bahannya mudah dibersihkan. Misalnya terhadap sidik jari, minyak atau debu, dan tanpa meninggalkan goresan. Gorilla Glass juga mengklaim ramah lingkungan, karena tidak terbuat dari bahan besi berat yang bisa membahayakan lingkungan. Gorilla Glass juga mampu menyuguhkan tampilan layar yang jenis dan tajam, sehingga ideal bagi gambar HD (High Definition) dan 3D (3 dimension) Dengan beberapa kemampuan yang dimiliki Gorilla Glass, bisa jadi penggunaan perangkat elektronik berlayar Gorilla Glass dapat lebih bebas. Tanpa terlalu khawatir sesuatu terjadi pada bagian layar.
 
Bukan berarti Gorilla Glass tidak bisa pecah. Jika diperlakukan kasar dengan benda kuat maka bisa pecah. Jadi Gorilla Glass lebih cenderung memberi rasa aman pada penggunaan sehari-hari. Corning Gorilla Glass sudah digunakan oleh lebih dari 20 merek ternama, ratusan jenis perangkat elektronik dengan lebih dari 200 juta tipe.

2. Corning Concore Glass
Corning Concore Glass sama-sama dibuat oleh perusahaan yang memproduksi Corning Gorilla Glass. Lantas apa bedanya Concore Glass dengan Gorilla Glass? Bedanya Concore Glass adalah layar berjenis OGS (One Glass Solution) laminated yang mana touch sensor terintegrasi langsung dengan kaca pelindung sehingga mampu mengeliminasi efek refraksi cahaya. Akibatnya, layar yang dihasilkan lebih kaya warna dan kontrasnya sangat baik dan tentunya juga kuat, tahan gores dan tahan benturan.

3. Dragontrail Glass
Dragontrail Glass merupakan produk dari Asahi Glass. Dragontrail boleh dibilang teknologi anti gores yang sangat kuat Dragontrail mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm. Dragontrail ini juga memiliki kekuatan 6 kali lebih tangguh dibandingkan layar ponsel kebanyakan. Dalam suatu video demo, Asahi Glass menguji ketahanan gores dan benturan, dengan dijatuhkan. Bahkan, Dragontrail mampu melewati uji tekuk (bending test) dengan beban 60 kg dan pukulan palu, tanpa mengalami retak/ pecah.

4. Scratch Resistant Glass
Scract Resistant Glass merupakan tipe screen protector/ pelindung layar yang dihadirkan untuk melindungi goresan ringan pada layar. Bisa dibilang Scratch-Resistant Glass adalah pelindung layar yang dapat menekan efek goresan sehingga layar tetap bening dan tampak tak ada bekas. Karena screen protector ini hanya dapat melindungi ponsel anda dari goresan-goresan ringan seperti pada penggunaan sehari-hari.

5. Oleophobic Coating
Mungkin ada beberapa dari kalian yang penasaran dengan pelindung layar Oleophobic Coating. Apakah Oleophobic Coating itu? Oleophobic Coating merupakan lapisan layar pada permukaan kaca dengan ketahanan lebih terhadap goresan ringan. Selain itu, lapisan pada Oleophobic Coating menggunakan material yang tidak mudah tertempel kotoran, cairan hingga sesuatu yang berminyak ataupun kotoran yang berasal dari jari tangan.

6. Sapphire Glass
Saaphire Glass merupakan material terkuat kedua di dunia setelah berlian. Saaphire Glass sendiri sudah digunakan pada smartphone iPhone dalam beberapa generasi & memiliki kekuatan yang sangat baik terhadap goresan dan benturan. Namun belakang setelah muncul kelemahan kalau Saaphire Glass tidak lebih kuat & lebih baik dari Gorilllas Glass, perusahaan berlogo buah Apple ini mulai meninggalkan pelindung layar jenis Saaphire Glass ini.

7. Rhino Glass
Selain Corning Gorilla Glass, Dragontrail Glass dan Saaphire Glass, ternyata masih ada pelindung layar yang memiliki kekuatan tangguh terhadap benturan dan goresan yakni Rhino Glass Shield. Berbeda dengan konsep Gorilla Glass atau Sapphire Glass yang langsung melapisi layar perangkat, Rhino Shield adalah sebuah screen protector yang sangat tipis untuk melindungi layar dari benturan, goresan, air, minyak dan sidik jari yang biasa menempel di layar.

Bahkan karean sangat tipis, pengguna yang telah mencobanya mengatakan bahwa Rhino Shield tidak akan membuat perangkat Anda terlihat menggunakan screen protector. Dalam video pengujian, terlihat Rhino Shield terbukti ampuh menahan gempuran dari objek seperti pisau, palu, potongan kuku, dan bola besi yang cukup berat.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon