Teknologi dan Komputer

Tips Merakit Komputer Server Yang Handal

Teknologi Virtual

Komputer server adalah komputer yang mempunyai tugas melayani komputer lain yang terhubung dalam jaringan. Untuk mendapatkan kualitas internet yang cepat harus didukung server yang bagus. Spesifikasi komputer server tidak sembarangan lho, yang penting harus kuat digunakan 24 jam non stop dan didukung prosesor serta RAM yang mumpuni.

Ngomongin komputer server berikut ini Admin membagikan informasi kepada Anda spesifikasi komputer server yang bagus. Anda bisa menggunakan prosesor Intel dan AMD, namun untuk durabilitas pemakaian jangka panjang rekomended gunakan Intel.


Tips Merakit Komputer Server Yang Handal:

1. Minimal Gunakan Intel Core i5 hingga Intel Core i7
Prosesor adalah otaknya komputer yang mampu menjalankan perintah manusia. Semakin bagus prosesornya semakin cepat komputer bekerja. Berdasarkan hasil review dan uji tes kemampuan prosesor tidak ada yang mengalahkan Intel Core i7, seri tertinggi dari AMD hanya setara Intel Core 5. Prosesor Intel handal dalam multitasking yang memungkinkan mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Rata-rata di kantor dan warnet menggunakan prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7.

2. Pilih Motherboard/ Mainboard Yang Memiliki Durabilitas Tinggi
Motherboard adalah papan tempat meletakkan komponen komputer seperti prosesor, RAM, Graphic Card, dsb. Ada yang menyebut motherboard dengan mainboard, namun sejatinya keduanya sama.

Dipasaran Anda dapat menemui motherboard dengan durabilitas tinggi seperti GigaByte Ultra Durable, dan MSI Military Class 4. Motherboard seperti ini tahan untuk penggunaan selama 5 tahun kedepan.

3. Pilih Casing Komputer Yang Baik
Sirkulasi udara dalam PC juga mempengaruhi keawetan dan kinerja komputer dalam memproses data. Untuk itu diwajibkan memilih casing komputer dengan sirkulasi udara baik. Bisa juga dilengkapi pendingin prosesor yang bagus dan kipas komputer. Supaya lebih awet biasanya ruang server diberi AC.

4. Gunakan RAM Yang Bagus
RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen komputer yang tugasnya menyimpan data sementara saat komputer dijalankan. Di pasaran Anda bisa menemui berbagai brand/ produk yang cukup terkenal seperti Corsair, Kingston, Patriot, dsb. Bila motherboard suport dengan RAM Dual Chanel belilah RAM Dual Chanel.

5. Power Suply
Diantara ke-4 poin di atas yang paling mempengaruhi keawetan komputer server adalah power suply. Ibaratnya sebagai penyuplai makanan arus listrik untuk komputer. Jangan gunakan power suply yang tidak ada sertifikat 80+ karena dayanya kurang dan tidak setabil. Misalnya di situ dituliskan 5000 Watt, yang sebenarnya adalah 250 Watt. Bila dipaksakan akibatnya komponen komouter cepat terbakar.

0 komentar:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish